BERBAGI KASIH DENGAN ANAK-ANAK DI RUMAH KASIH TUN ABDUL AZIZ MELAKA

Rabu, 13 September 2023 setelah kunjungan ke SMKA Sultan Muhammad Melaka, Tim PIAUD UIN Suska Riau bersama tim FTK lainnya melanjutkan kunjungan ke Rumah Kasih Tun Abdul Aziz Melaka. Rumah Kasih ini merupakan rumah bagi mereka yang tidak memiliki orang tua atau hanya memiliki orang tua Tunggal. Disini mereka juga diajarkan tentang pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kami bertemu dengan 20 anak dari rentang usia 5-12 tahun.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya sesi Therapy yang dipimpin langsung oleh Ibu Dr. Amirah Diaty, M.Pd, Kons selaku Wakil Dekan III FTK. Pada sesi ini, anak-anak akan diberikan dua buah kertas bergambar. Kertas pertama berisi gambar tubuh dan kertas kedua berisi gambar kepala. Nantinya anak-anak akan didampingi oleh para mahasiswa FTK yang ikut dalam kegiatan ini. Pada kertas gambar tubuh, anak-anak akan diajak komunikasi mengenai anggota tubuh mana yang terlihat tidak nyaman baginya. Sedangkan pada kertas bergambar kepala, anak-anak akan diajak berkomunikasi mengenai apa yang ada di dalam pikirannya. Kegiatan ini diharapkan dapat membuat anak mengutarakan perasaannya.

Selanjutnya dilakukannya ice breaking yang dipimpin langsung oleh mahasiswi PIAUD, Novriti Ramadora. Pada sesi ini, Dora mengajak anak-anak Rumah Kasih untuk bergembira bersama melalui ice breaking yang disajikan. Kemudian adanya sesi story telling dan ditutup langsung oleh foto bersama.

Suasana terasa menyatu dengan anak-anak yang haus akan kasih sayang orang tua. Mereka minta gendong dan minta dimanja kepada para pengunjung. Berbahagia rasanya bisa berbagi kasih dengan mereka walaupauan hanya sejenak. Semoga anak-anak ini dapat tumbuh dan mendapatkan kasih sayang dan pendidikan sebagaimana mmestinya. Sehingga kelak menjadi insan yang mandiri, bermanfaat untuk agama dan bangsa.

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PELANTIKAN AKBAR ORMAWA SE-LINGKUNGAN FTK UIN SUSKA RIAU

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau menyelenggarakan Pelantikan Akbar Ormawa (31/01). Acara ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *