Mahasiswa PIAUD Ikuti Program Magang & Studi Independen Bersertifukat (MSIB) bersama PT. Orbit Ventura Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai ilmu. Ada beberapa program pembelajaran yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat. Salah satunya seperti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) untuk mengembangkan diri diluar aktivitas diluar kelas. Untuk itu, UIN Suska Riau menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan perusahaan di Indonesia salah satunya PT. Orbit Ventura Indonesia.

Program MSIB ini diikuti mahasiswa berjumlah lebih dari 100 mahasiswa yang terdiri dari beberapa Fakultas salah satunya Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan mendelegasikan 5 mahasiswa. Terutama dari Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini mendelegasikan 2 Mahasiswa yang bersasal dari semester 8 yakni: Novia Putri Wulandari dan Nurbani Mardianti R. Mayoritas peserta MSIB ini berasal dari Fakultas Sains dan Tekonologi, yang mana program ini berkaitan dengan Artificial Intelligence.

Dalam Program Studi Independen Kampus Merdeka Mandiri dengan Project AI 4 Jobs yang telah di laksanakan pada 20 Februari 2023-30 Juni 2023 dengan total 900 jam belajar. Dengan topik prmbelajaran Logika dan Konsep Teknologi AI, Siklus Proyek AI, Pemograman Python, Metode Penelitian AI, Etika , Profesi dan Keterampilan Perusahaan, dan Proyek Akhir.

Ucap Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag. Sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Suska Riau, saya merasa bangga dan sangat bahagia dengan berhasilnya 2 orang mahasiswa PIAUD, yaitu ( Novia Putri Wulandari dan Nubani) menyelesaikan program KMM (kampus Meredeka Mandiri) kerjasama UIN Suska Riau dengan PT. Orbit Ventura Indonesia. Program ini cukup berat dirasakan oleh mahasiswa PIAUDkarena berhadapan dengan sesuatu yang baru dan asing bagi mereka, yaitu kemampuan dalam teknologi yang cukup tinggi. Kemampuan IT yang mereka miliki awalnya hanya standar sebagai mahasiswa pada umumnya. Berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang sudah bergelut dengan teknologi. Apalagi mereka sedang berada pada akhir-akhir masa studi, harus menyelesaikan tugas-tugas akhir berupa PPL, KKN dan skripsi. Alhamdulillah dengan terus diberi motivasi dan semangat, mereka mampu menyelesaikan program ini dengan sangat baik.

Langkah ke depan, agar ilmu yang mereka dapatkan bisa bermanfaat bagi prodi, kami akan mengajak mereka dalam kegiatan penelitian dan pegabdian masyarakat sebagai implementasi ilmunya dikaitkan dengan memaksimalkan perkembangan dan pembelajaran di kalangan anak usia dini. Apalagi saat ini mengembangkan Artificial Intelengence di kalangan anak usia dini merupakan fokus peneitian kekinian. Selamat untuk ananda berdua, teruslah belajar, teruslah berkarya, tetap semangat dan menebar manfaat. (Ucap Ketua Prodi PIAUD)

WD III Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan Dr. amirah Diniaty, M.Pd, Kons memberikan Apresiasi kepada Mahasiswa yang telah menyelesaikan Program MSIB “Alhamdulillah…selamat dan bangga atas keberhasilan Novia, Nurbani dan Febi. semoga.kesuksesan ini.menjadi inspirasi bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan lainnya…dan menjadi modal untuk kesuksesan Novia dan Teman-teman dimasa depan.” (Ucap WD III FTK)

Ira Utari selaku Chief of Sales & Partnerships menyampaikan bahwa program dari PT. Orbit Ventura Indonesia sangat baik bagi mahasiswa dalam memberikan kesempatan serta membantu mahasiswa berkontribusi langsung untuk mendapatkan pengalaman diluar kampus dari dunia industri dan pekerjaan. “Di samping itu nantinya mahasiswa yang telah selesai mengikuti Program MBKM di PT. Orbit Ventura Indonesia akan mendapatkan sertifikat pendamping yang sangat bermanfaat ketika akan memasuki dunia pekerjaan,” tutup Ira.

Selamat kami ucapkan kepada Novia dan Nurbani Telah menyelesaikan proram inj, semoga dapat membawa manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Semoga Program ini dapat terus berjalan dan menginspirasi mahasiswa UIN Suska Riau terutama Mahasiswa PIAUD.

 

 

 

 

 

About titin latifah

Check Also

DOSEN PIAUD TAJA PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH RAMAH ANAK

Hotel Ayola, 25 Oktober 2023, salah satu tugas dosen yang mesi dilaksanakan adalah pengabdian kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *