Bersiap untuk Riset, Mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau Ikuti Seminar Nasional PPIAUD Wilayah Sumatera

Sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengetahuan dan keterampilan tentang penelitian harus dapat dikuasi dengan baik. Oleh karena itu, membekali diri dengan informasi terbaru tentunya dapat menunjang hal tersebut. Hadir dari Yogyakarta menuju Pekanbaru, Pak Dr. Sigit Purnama, M.Pd selaku Pengawas PPIAUD Indonesia dan juga Kaprodi PIAUD UIN Suka Yogyakarta menjadi narasumber seminar nasional dengan tema “Penguatan Metodologi dan Strategi Menemukan Isu-isu Terkini dalam Riset KePAUDan bagi Mahasiswa“.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PPIAUD Wilayah Sumatera bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FTK UIN Suska Riau ini dilaksanakan pada Jumat (09/12) bertempat di Aula Lantai 3 UIN Suska Riau. Seminar nasional yang diketuai oleh Bunda Nurhayati, S.Pd.I, M.Pd ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa, baik secara offline maupun online.

Seminar ini dihadiri oleh dosen dari Universitas Islam Riau, Universitas Pahlawan, STAI Diniyah, dan STIT Al-Kifayah. Tak ketinggalan, mahasiswa dari universitas tersebut juga turut hadir. Acara ini juga diramaikan melalui Zoom Meeting oleh mahasiswa dari STAIN Bengkalis, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, IAIN Langsa, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Sumenep Jawa Timur, Iain Zawiyah Cotkala Langsa, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Universitas Sains Al-Quran, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA), Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, STAI Riyadhul Jannah, dan lainnya.

Mengawali acara, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Pak Dr. Zarkasih, M.Ag memberikan kata sambutan dan dilanjutkan oleh Ketua Jurusan PIAUD UIN Suska Riau, Bunda Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag. Selanjutnya, sebelum pemberian materi oleh narasumber, seluruh peserta berdoa bersama demi kelancaran dan keberkahan acara ini.

Pak Dr. Sigit Purnama mengawali materinya dengan kata motivasi “Success is the result of perfection, hard work, learning from failure, loyalty, and persistence” (Colin Powell). Beliau memaparkan apa saja syarat sukses mahasiswa PIAUD. Selanjutnya, Pak Dr. Sigit Purnama memaparkan tentang penguatan metode penelitian pendidikan, dari penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan campuran keduanya.

Masuk pada tema, Pak Dr. Sigit Purnama menjelaskan apa saja isu-isu terkini yang terkait dengan kePAUDan dan bagaimana menemukannya. Selanjutnya, narasumber juga menjelaskan bagaimana implementasi temuan tersebut ke dalam penyusunan karya tulis ilmiah, seperti skripsi. Mulaid dari bagaimana implementasinya dari Bab Pendahuluan hingga Bab Penutup, yakni Simpulan. Seluruh peserta menyaksikan dengan penuh antusias. Beberapa mahasiswa juga mengajukan pertanyaan kepada narasumber terkait dengan masalah penelitian yang mereka temui. Kehadiran Pak Dr. Sigit Purnama di UIN Suska Riau memberikan banyak pencerahan pada para mahasiswa.

Acara diakhiri dengan pemberian sertifikat narasumber dan cinderamata kepada Pak Dr. Sigit Purnama oleh Bunda Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag yang ditemani oleh Pak Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag sebagai moderator pada kegiatan seminar kali ini. Tidak lupa, foto bersama dengan peserta sebagai kenang-kenangan tanda perjumpaan dan kebersamaan. Dengan diselenggarakannya seminar ini, semoga menambah wawasan bagi kita semua, terutama  mahasiswa di PIAUD di lingkungan UIN Suska Riau tentang strategi dan metodologi dalam penelitian.

 

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PIAUD UIN Suska Riau SALING BERBAGI KARYA

  (Malaysia, 13 September 2023), Sebelum keberangkatan tim ke Malaysia, delegasi PIAUD yaitu Bunda Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *