Tahniah! Mahasiswa PIAUD Raih Juara 3 dalam Perlombaan KKN Melayu Serumpun di Aceh

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara kolaboratif antara PTKIN se -Sumatera dan beberapa perguruan tinggi di Malaysia dan Brunei Darussalam. Pada tahun 2022, berdasarkan hasil rapat koordinasi LPPM UIN, IAIN, STAIN PTKIN se-Sumatera, disepakati bahwa pelaksanaan KKN Melayu Serumpun Angkatan III dilaksanakan di Provinsi Aceh dimana UIN Ar-Raniry Banda Aceh bertindak sebagai tuan rumah. Selanjutnya berdasarkan rapat koordinasi dengan Pimpinan UIN Ar-Raniry, maka kegiatan KKN Melayu Serumpun tahun 2022 akan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Jaya pada 21 Juni hingga 2 Agustus 2022.

Tema utama KKN Tematik Melayu Serumpun PTKIN Se-Sumatera Angkatan III adalah “Pengembangan Pariwisata Halal dalam Budaya Melayu Serumpun”.

Berdasarkan rapat koordinasi dengan Pimpinan UIN Ar-Raniry dan sesuai arahan dari Rektor, maka kegiatan KKN Melayu Serumpun tahun 2022 akan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan ini juga akan dikombinasikan dengan agenda akademik dan non akademik meliputi: pagelaran lomba baca tulis Arab-Melayu, lomba penulisan artikel luaran pengabdian kepada masyarakat dan lomba pembuatan video promosi pariwisata halal.

Mahasiswa delegasi UIN Suska Riau yang diutus telah diseleksi secara selektif di tingkat jurusan, fakultas dan universita. Terdapat 8 mahasiswa terpilih yang menjadi delegasi KKN Melayu Serumpun III yang bertempat di Aceh Jaya. Adapun output yang didapat dari KKN tersebut yang bersifat kompetitif. Pada kamis (15/09), dilaksanakan pengumuman perlombaan Output KKN Melayu Serumpun tahun 2022.

UIN Suska Riau mendapatkan 3 mahasiswa pemenang yang berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yakni: Juara 1 Lomba Menulis Artikel Ilmiah (Wendi Saputra Jurusan PAI), Juara 3 Lomba Video (Novia Putri Wulandari Jurusan PIAUD), dan Juara 3 Lomba Baca Tulis Arab Melayu (Vony Pratiningsih Jurusan Manajemen).

Salah satu pemenang lomba Output KKN Melayu Serumpun ialah Novia Putri Wulandari yang berasal dari Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang telah berhasil menorehkan prestasi sebagai Juara 3 lomba video promosi pariwisata halal.

Bunda Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag. selaku ketua prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh Novia. “Sebagai ketua prodi tentu saya sangat merasa bangga dan sangat support terhadap mahasiswa PIAUD UIN SUSKA RIAU, yang dapat kesempatan untuk melaksanakan KKN serumpun di Aceh pada tahun ini. Hal ini merupakan pengalaman yang berharga karena kita bisa berinteraksi dengan berbagai mahasiswa di luar UIN SUSKA Riau, tentu banyak pengalaman yang bisa kita ambil, apalagi bisa memenangkan output KKN pada tahun ini. Ini merupakan sebuah presetasi yang luar biasa pada ananda Novia. Terima kasih Ibu ucapkan, terus semangat, terus berjuang, terus berkarya, ini adalah awal kesuksesan dan insyaAllah untuk berikutnya lebih sukses lagi ya.. Timba pengalaman selagi muda menggunakan kesempatan untuk belajar, untuk melakukan yang positif, untuk berkarya sebanyak-banyaknya ya, mudah-mudahan ini menjadi pengalaman yang berharga untuk bisa memperkenalkan PIAUD UIN SUSKA Riau ke tingkat nasional sehingga PIAUD UIN SUSKA Riau lebih maju dan bisa bersaing secara nasional dan secara global.”, ungkap Bunda Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag.

Novia putri berharap mahasiswa PIAUD dapat merasakan hal yang sama seperti yang ia rasakan dengan mengikuti KKN Melayu serumpun selanjutnya, yakni KKN Melayu serumpun IV dengan tuan rumah UIN Raden Fatah Palembang ataupun mengikuti KKN yang sifatnya nasional agar dapat memperluas wawasan, relasi dan pengalaman.

“Menang atau kalahnya kami dalam mengikuti kompetisi ini ditentukan oleh kekompakan tim dan faktor pendukung yang berada di tempat kami melaksanakan pengabdian. Ucapan terima kasih kepada para supporter yang telah mendukung penuh dan memberikan kesempatan untuk menjadi delegasi KKN ini. Kepada Allah subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan ridho-Nya sehingga dipermudah proses pengabdian dan perjalanan, kepada orang tua yang telah mendukung penuh atas segala hal dalam hidup saya, kepada para pimpinan universitas, fakultas, prodi dan seluruh dosen-dosen yang telah membimbing dan mensupport penuh, kepada kakak saya Dewi Sari yang telah mendukung secara penuh saya dari awal hingga akhir KKN ini berlangsung, kepada para sahabat-sahabat saya terkhusus, Indriyani dari Fakultas Usuluddin yang merupakan sahabat perjuangan seleksi KKN Nasional, kepada segenap pengurus HM-PS PIAUD yang mensupport penuh saya, kepada adik-adik yang telah mengawal kakak dalam kegiatan apapun, kepada tim KKN Melayu serumpun delegasi UIN Suska Riau, terutama ucapan terima kasih banyak kepada masyarakat Gampong Pante Cermin serta tim KKN MS Pante Cermin yang telah mampu bekerja sama dalam menyelesaikan pengabdian kita bersama”, terang Novia Putri Wulandari.

Team KKN MS dari UIN Suska Riau
Team KKN MS Gampong Pante Cermin

Link video pemenang output KKN Melayu serumpun : https://youtu.be/GWz3KDyw_fw

Link video juara 3 Output video : https://youtu.be/VhkuQ70b_4w

Oleh: Novia Putri Wulandari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Inspiring, Penelitian Nilai-nilai keislaman dalam Etnoparenting Penrek Tojang Suku Bugis dan Teknik Ecoprint pada anak usia dini membawa Syarifah Wilda Dwi Putri dan Yeti Afrita mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau menyelesaikan studi S1 di semester 7

Kamis (12/01/2023), Dua mahasiswa kebanggan PIAUD UIN Suska Riau berhasil menyelesaikan studi S1nya di semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
24 ⁄ 4 =