UIN SUSKA untuk Desa Kuala Lala: Kajur PIAUD UIN Suska Bimbing dan Kawal Kegiatan Unggulan Sampai Akhir

Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan mata kuliah wajib universitas dengan bobot 4 SKS. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan keilmuannya dalam kehidupan bermasyarakat. KKN sebagai mata kuliah wajib universitas bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa pada aspek-aspek antara lain pembuatan dan isi program, inisiatif atau kepeloporan, kreativitas, ketekunan, kepemimpinan, kerjasama, kinerja atau hasil kerja, dan hubungan dengan masyarakat. Hal ini tercantum dalam Peraturan Akademik UIN Suska Riau Tahun 2022. Lembaga penyelenggaran yang mendapatkan tugas untuk menjalankan program ini adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam menjalankan program ini, LPPM melibatkan dosen UIN Suska Riau sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bertugas membimbing mahasiswa selama pelaksanaan KKN dimulai dari mengantar, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi program sesuai dengan tahapan OPTIK (Observasi, Pemetaan, Tukar Pendapat, Implementasi, dan Komunikasi) serta memberikan penilaian, sebagaimana kewajiban DPL dalam panduan KKN Tahun 2022  dalam mengantar dan menjemput mahasiswa KKN.

Kegiatan KKN UIN Suska Riua tahun 2022, berlangsung selama 2 bulan, mulai dari 1 Juli sampai 31 Agustus 2022. Pada tahun ini, Kajur PIAUD, Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag diberi tugas sebagai DPL di  di Kecamatan Sungai Lala Kab. Indra Giri Hulu, yang membimbing  56 orang mahasiswa yang terdistribusi ke dalam 5 desa yaitu Desa Kelawat, Desa Kuala Lala, Desa Pasir Selabau, Desa Pasir Bongkal, dan Desa Perkebunana Sei Parit.

Pada 31 Agustus 2022, dilaksanakan serimonial acara penjemptan di Kantor  Camat Kecamatan Sungai Lala. Camat Sungai Lala, Elpahri Adha, S.Sos., MM, yang diwakili oleh Kasi Pelayanan Umum, Ibu Sumriati memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Beliau menjelaskan bahwa Kecamatan Sungai Lala sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN UIN Suska Riau dan siap menerima mahasiswa KKN UIN Suska Riau di tahun berikutnya, bahkan dalam jumlah yang lebih banyak lagi.  Beberapa kepala desa juga memberikan sambutan sebagai ucapan terimakasih dan kepuasan atas pelaksanaan KKN UIN Suska Riau di desanya. Acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari mahasiswa KKN ke Kecamatan Sungai Lala.

FOTO BERSAMA PERWAKILAH KECAMATAN, DESA, DPL DAN MAHASISWA

SAMBUTAN KEPALA DESA KUALA LALA
PENYERAHAN NAME TAG MAHASISWA DARI KADES PERKEBUNAN SUNGAI PIRING KE DPL
PENYERAHAN NAME TAG MAHASISWA KKN DARI KEPALA DESA PASIR BONGKAL KE DPL
BERSAMA CAMAT, KADES, DPL DAN KORCAM SERTA KORDES
HASIL KARYA MAHASISWA BERUPA TOGA (TAMAN OBAT KELUARGA)
PONDOK BACA YANG DIPRAKARSAI MAHASISWA KKN DI DESA KUALA LALA

By: Nurhasanah Bakhtiar

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Inspiring, Penelitian Nilai-nilai keislaman dalam Etnoparenting Penrek Tojang Suku Bugis dan Teknik Ecoprint pada anak usia dini membawa Syarifah Wilda Dwi Putri dan Yeti Afrita mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau menyelesaikan studi S1 di semester 7

Kamis (12/01/2023), Dua mahasiswa kebanggan PIAUD UIN Suska Riau berhasil menyelesaikan studi S1nya di semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
24 ⁄ 1 =