PIAUD UIN SUSKA Riau Hasilkan Puluhan Artikel di Mata Kuliah ini

Bagi sebagian orang, menyusun karya ilmiah bukan hal yang mudah dan pastinya penuh tantangan. Hal ini yang dirasakan oleh Mahasiswa PIAUD UIN SUSKA Riau di semester empat. Melalui mata kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah yang diampu oleh Bu Titin Latifah, mahasiswa diajak untuk mengenal lebih jauh dunia menulis ini. Pengalaman belajar dari mata kuliah ini diharapkan dapat memberi bekal pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa sehingga menghasilkan suatu karya tulis yang berkualitas dengan cara yang benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Pada mata kuliah ini, mahasiswa diajak untuk lebih dekat dengan perpustakaan. Mencari referensi yang akurat melalui buku-buku sambil terus mengasah keterampilan literasi membaca. Tidak hanya itu, untuk menjawab tantangan abad 21, mahasiswa juga dituntut untuk melek digital. Bukan hanya sekedar mengunjungi perpustakaan, tapi mahasiswa juga diajak berselancar di perpustakaan digital, seperti Google Scholar, repository dan website jurnal.

Produk akhir dari mata kuliah ini adalah membuat karya ilmiah berupa artikel. Untuk menyusun referensi yang akurat dan sesuai kaidah penulisan, mahasiswa dibekali pengalaman menggunakan Mendeley, dari instalasi hingga praktek menggunakan aplikasi. Selain itu, untuk menunjang kualitas tulisan dan agar terhindar dari plagiarism, mahasiswa diberi pengalaman menggunakan software turnitin. Hal ini menjadi pengalaman baru sekaligus diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca dan literasi digital mahasiswa. Dari hasil turnitin tersebut, mahasiswa melakukan parafrase, yang mana ini menjadi tantangan yang cukup sulit. Alhamdulillah, mahasiswa PIAUD tidak mudah menyerah, mereka mau terus mencoba dan tetap bersemangat. Setelah artikel selesai disusun, mahasiswa belajar untuk submit artikel ke jurnal, salah satunya adalah Jurnal Kindergarten milik PIAUD UIN SUSKA Riau. Dari pengalaman belajar ini, besar harapan kami semoga mahasiswa PIAUD UIN SUSKA Riau bisa lebih aktif menulis dan berkontribusi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Titin)

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Kuliah Dosen Tamu: Melejitkan Potensi Anak Usia Dini di Era Mondial Berbasis Neuroparenting

Senin, 25 Maret 2024, HMPS PIAUD UIN SUSKA Riau mengadakan Kuliah Dosen Tamu via zoom …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *