JURNAL KINDERGARTEN UIN Suska Riau ikuti RAKOORNAS PPJ PAUD Indonesia III 2022 DI BALI: PPJ PAUD INDONESIA KANTONGI 100+++ DATABASE REVIEWER LUAR NEGERI MENUJU JURNAL PAUD BEREPUTASI INTERNASIONAL

Selasa, 21 Juni 2022- 24 Juni 2022 Pengelola Jurnal PAUD Indonesia sukses menggelar agenda tahunan Rapat Koordinasi Nasional. Rakoornas III kali ini digelar di Hotel Plagoo Holiday Nusa Dua Bali. Peserta rakoornas berasal dari dari sabang sampai merauke, mulai dari IAIN Langsa hingga ke IAHN Pudja Mataram. Rakoornas ini juga bertepatan dengan Hari Jadi ke-3 tahun Asosiasi Perkumpulan Jurnal PAUD Indonesia (PPJ PAUD Indonesia).

Rangkaian acara selama Rakoornas sangat bervariasi dan menginspirasi mulai dari olah pikiran dan olah raga. Dimulai pada Selasa, 21 Juni 2022 kegiatan diawali dengan Pembukaan oleh panitia rakoornas III PPJ PAUD Indonesia yakni Universitas Pendidikan Ganesha Bali, yang diketuai oleh Ketua Prodi PGPAUD UHN Bapak Dr. Marsono bersama tim hebatnya yakni bunda Ayu, Bunda Cintya dan tim lainnya. Dilanjutkan dengan Perkenalan Pengurus PPJ PAUD Indonesia oleh Bapak Moch. Fauziddin, M.Pd. selaku Ketua dan Bunda Maulidyah Ulfa, M.Pd. I., selaku  Wakil ketua PPJ PAUD Indonesia. Pada sesi ini, disampaikan kronologi terbentuknya asosiasi PPJ PAUD Indonesia yang diawali hanya beranggotakan beberapa instansi saja sampai akhirnya sekarang sudah menjadi 110 anggota aktif dari semua jurnal PAUD di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama juga diadakan Rapat koordinasi per wilayah yakni wilayah sumatera, jawa barat, jawa timur, wilayah timur yang dipimpin oleh koorwil masing-masing.

Sesi Materi RJI Korda Bali tentang Analisis permasalahan dan kemajuan pengelolaan Jurnal PAUD serta Pendampingan manajemen OJS. Sesi ini disampaikan oleh Bapak I Wayan Widiana (I Wayan Widiana). Dalam penyampaiannya, ditegaskan bahwasanya “hal penting yang harus dimiliki oleh masing-masing jurnal jika ingin maju adalah target-target yang senantiasa disusun demi masa depan yang lebih baik. Tidak kalah penting juga adalah kualitas dari artikel yang dipublish di sebuah jurnal, semakin selektif sebuah jurnal dalam memilih artikel-artikel maka akan semakin menandakan kualitas jurnal itu baik”, Ujarnya. Jurnal PAUD UNDIKSA BALI telah menjadi jurnal PAUD ke-3 terakreditasi SINTA 2.  Best Practice pengelolaan jurnal nasional dan internasional di Bali oleh Jurnal PAUD UNDIKSA BALI. Hal baik yang ingin ditularkan oleh jurnal PAUD Bali adalah bagaimana hendaknya sebuah jurnal dalam bekerja sama dalam mewujudkan kualitas jurnal menjadi baik secara bersama. Totalitas dalam menjadi original memang diperlukan dan koordinasi antar tim menjadi kuncinya.

Materi paling hot pada rakoornas ini adalah “Aim and scope jurnal pendidikan anak” oleh Pengawas PPJ PAUD Indonesia Dr. Sigit Purnama, M.Pd.  pada sesi ini mengingatkan kembali bahwasanya aspirasi wawasan, kualifikasi dewan penyunting dan pelibatan reviewer mitra bestari dari luar negeri memilih point penilaian yang tinggi dalam penilaian sebuah jurnal.  Dalam kesempatan ini juga menghimbau dan mengajak untuk segera memulai menjalin komunikasi via email ataupun media sosial lainnya dalam rangka meminta penuli-penulis luar negeri untuk mengirimkan tulisan ke jurnal PAUD Indonesia. Disampaikan cara-cara dalam mendapatkan korespondensi dengan penulis ataupun reviewer dari luar negeri lengkap dengan template dalam mengirimkan invitation artikel, bahkan dalam sesi ini semua peserta juga diminta untuk bersama-sama menemukan kontak penulis-penulis dan reviewer-reviewer PAUD dari luar negeri dengar target 1000 reviewer luar negeri dan akan dijadikan database PPJ PAUD Indonesia.

Rencana Tindak Lanjut kepengurusan PPJ PAUD Indonesia juga turut dibicarakan dalam hal ini, yakni bagaimana setiap wilayah dalam berkoordinasi dengan baik dalam peningkatan kualitas jurnal. Solusi yang disepakati adalah dengan adanya penambahan beberapa koorwil dan subkoorwil dari berbagai daerah. (Heldanita)

Salam ODGJ,Original Bahagia… Matur Suksma..

 

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Pembukaan Rakerwil IKMAPISI DPW I Sumatera “Optimalisasi Sinergitas Menuju DPW I Berintegritas”, Ini Harapan Wakil Ketua

Jambi, Senin (08/08), IKMAPISI DPW I Sumatera menggelar Rapat Kerja Wilayah III Dewan Pimpinan Wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
6 + 15 =