RIAU-MAKASSAR TERASA DEKAT, KETUA PRODI PIAUD UIN SUSKA RIAU BERBAGI PENGALAMAN AKREDITASI 9 KRITERIA KE UIN ALAUDDIN MAKASSAR SECARA DARING

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah terakreditasi 9 kriteria pada bulan April 2021 dengan predikat Baik Sekali berbagi pengalaman dengan PIAUD UIN Alauddin Makassar pada Rabu, 26 Januari 2022, melalui Seri Dialog Bulanan (SEDIA). Seri dialog ini menghadirkan pemateri Ketua Prodi PIAUD UIN Suska Riau, Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., dengan mengangkat tema “Akreditasi C9: Memahami LKPS dan Asesmen Kecukupan”.

Ketua Prodi PIAUD (Ulfiani Rahman)

Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag menyampaikan bahwa tujuan akreditasi diantaranya untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal, baik di bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. Oleh karena itu, persiapan dan pelaksanaan akredititasi penting dalam menjaga mutu program studi dan perguruan tinggi.

Sesuai dengan Permenristekdikti No. 32/2016, BAN-PT mengembangkan instrumen akreditasi yang relevan dengan pengembangan sektor pendidikan tinggi di Indonesia dan mengikuti perkembangan global. Pengembangan instrumen akreditasi ini mengakibatkan adanya perubahan penyusunan borang akreditasi dari 7 standar ke 9 kriteria. Adapun muatan 9 kriteria tersebut diataranya:

1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi

2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama

3) Kemahasiswaan

4) Sumber Daya Manusia

5) Keuangan, Sarana dan Prasarana

6) Pendidikan

7) Penelitian

8) Pengabdian kepada Masyarakat

9) Luaran dan Capaian

Secara keseluruhan, 9 kriteria tersebut mengukur tingkat ketercapaian dan/atau pelampauan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan standar yang telah ditetapkan masing-masing perguruan tinggi.

Kegiatan yang dihadiri oleh dosen PIAUD dan LPM UIN Alauddin Makassar ini diharapkan dapat menjadi sarana dialog yang tepat untuk membagikan pengalaman akreditasi PIAUD UIN Suska Riau serta dapat menjadi motivasi bagi program studi untuk bekerja keras mempersiapkan diri dalam akreditasi dengan 9 kriteria yang jauh berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan 7 standar. (Titin Latifah)

Sekretaris LPM UIN Alaudin Makassar

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Inspiring, Penelitian Nilai-nilai keislaman dalam Etnoparenting Penrek Tojang Suku Bugis dan Teknik Ecoprint pada anak usia dini membawa Syarifah Wilda Dwi Putri dan Yeti Afrita mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau menyelesaikan studi S1 di semester 7

Kamis (12/01/2023), Dua mahasiswa kebanggan PIAUD UIN Suska Riau berhasil menyelesaikan studi S1nya di semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
18 × 27 =