PIAUD SHARING 5 : MENJADI CALON GURU KREATIF UNTUK MENYONGSONG GENERASI EMAS DI ERA NEW NORMAL

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan kegiatan yang bertajuk PIAUD Sharing 5. Kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang diadakan secara virtual.  Acara berlangsung pada hari Sabtu, 27 November 2021 yang dimulai pukul 13.30 sampai dengan 17.00 WIB. Kegiatan sharing ini dilaksanakan dengan menghadirkan 5 pemateri dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dimana 5 pemateri tersebut merupakan Mahasiswa field study yang sedang melaksanakan kegiatan praktek mengajarny di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tema yang diusung pada kegiatan tersebut adalah “Menjadi Calon Guru Kreatif untuk Menyongsong Generasi Emas di Era New Normal”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini dibuka oleh  Master Of Ceremony, mahasiswi PIAUD UIN Suska Riau semester 5, ananda Nurun Nafisi. Dilanjut dengan pembacaan doa oleh mahasiswi PIAUD UIN Suska Riau Semester ananda Ririn Sri Yunita Putri. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ibu Dr. Hj. Na’imah M.Hum yang merupakan dosen pembimbing lapangan mahasiswa field study. Beliau mengatakan bahwa setiap kita memiliki peluang untuk meningkatkan perkembangan keilmuan, teknologi, serta beliau mengharapkan kerja sama ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dosen pamong field study UIN Sultan Syarif Kasim Riau yaitu Ibu Dra. Hj. Syariah, M. Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada PIAUD UIN Sultan Syarif Kasim Riau di tahun kedua dengan menghadirkan mahasiswa field study di kampus tersebut. Beliau mengharapkan kerja sama dan kolaborasi antara PIAUD UIN Sunan Kalijaga dan PIAUD UIN Sultan Syarif Kasim tetap terus bisa terjalankan.

Kegiatan inti dari agenda ini yaitu pemaparan materi dari 5 narasumber dengan sub tema yang bervariasi. Pemaparan materi tersebut dibuka oleh narasumber 1 Nurazila Sari dengan pembahasan “Adaptasi Guru dalam Pembelajaran Tatap Muka Pasca Daring”. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri 2 yaitu Rezki Perwita Arum dengan pembahasan mengenai “Metode Show And Tell Dapat Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Lisan”. Fidya Ismiulya, sebagai pemateri 3 menyampaikan terkait “Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Sebagai Media dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini”. Dilanjutkan oleh pemateri 4 yaitu Aat Mar’atun Shalihah dengan memaparkan sub pembahasan dengan judul “Memanfaatkan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak Bayangan”. Serta pemaparan materi diakihri oleh pemateri 5 yaitu Siti Nurhayati, yang menjelaskan materi dengan judul “Interkoneksi Latihan Bahasa Lisah Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini”. Para pemateri juga memberikan semangat kepada adik-adik mahasiswa calon guru PIAUD agar terus mengembangkan potensi yang dimiliki dan menjadi guru kreatif di masa yang akan datang.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab yang kemudian diakhiri dengan penutupan serta motivasi yang diberikan Ketua Prodi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Ibu Dr. Nurhasanah Bahktiar, M.Ag. Walaupun kegiatan Sharing 5 ini dilakukan secara online, fakta tersebut tidak mengurangi antusiasme peserta dalam mengikuti acara. Untuk selanjutnya, diharapkan acara ini dapat terus berlanjut dan mengalami peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas.

Penulis: Fidya Ismiulya dan Siti Nur Hayati

Dokumentasi: Aat Maratun Sholehah dan Rezki Perwita Arum

Editor: Nurazila Sari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Kuliah Dosen Tamu: Melejitkan Potensi Anak Usia Dini di Era Mondial Berbasis Neuroparenting

Senin, 25 Maret 2024, HMPS PIAUD UIN SUSKA Riau mengadakan Kuliah Dosen Tamu via zoom …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *