PELANTIKAN PENGURUS RUMAH MODERASI BERAGAMA UIN SUSKA RIAU DAN SEMINAR NASIONAL YANG BERTEMAKAN “IMPLEMENTASI DAN PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI UIN”

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan, rahmat dan karuniaNya, sehingga kita dapat berhadir dalam kegiatan yang bergengsi ini, yakni “Pelantikan Pengurus Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau, sekaligus seminar nasional yang bertemakan: Implementasi dan Penguatan Moderasi Beragama di Universitas Islam Negeri”. Moderasi Beragama merupakan pandangan, sikap dan nilai etik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Setiap agama mengajarkan untuk saling menghormati, menanamkan benih-benih kasih sayang dan cinta kasih dengan sesama. Setiap agama meyakini bahwa sikap berlebih-lebihan dalam hal apapun, tidak akan mendatangkan kebaikan dan kebajikan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kemenag RI tahun 2019, dengan melibatkan 14 lembaga pendidikan keagamaan, di tujuh provinsi menunjukkan bahwa moderasi beragama belum dikenal secara merata di seluruh lembaga keagamaan. Sikap moderat dalam beragama belum dijadikan kesadaran bersama, oleh sebab itu Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau memberanikan diri, berinisiatif untuk menaja acara seminar ini. Kegiatan ini bertujuan:

  1. Mendiskusikan dan mengkaji ulang atas pelaksanaan program “Rumah Moderasi” di UIN sejak berdirinya,
  2. Merumuskan pola dan model pemahaman tentang moderasi beragama di UIN Suska Riau,
  3. Memperkuat Rumah Moderasi dengan mengacu pada pola dan model yang telah dirumuskan oleh Kementerian Agam RI,
  4. Memperkuat Rumah Moderasi dengan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki visi moderasi beragama.

Kegiatan ini dilakukan dengan pola seminar. Setelah dilaksanakan pelantikan pengurus baru Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau periode 2021-2025, pada hari Senin tanggal 29 November 2021 di Grand Suka Hotel Pekanbaru oleh Kuasa Rektor (Wakil Rektor II Bapak Dr. Mas’ud Zein, M.Pd).

Pelantikan Pengurus “Rumah Moderasi Beragama UIN Suska Riau” Direktor: Dr. Alimuddin, M.Ag., Wakil Direktor: Dr. Drs.Arbi, M.Si., Sekretaris : Imam Hanafi, M.A.

Selanjutnya dilaksanakan acara Seminar Nasional yang bertemakan “Implementasi dan Penguatan Moderasi Beragama di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau” dengan mendatangkan pakar-pakar moderasi sebagai narasumber utama yang akan memberi penguatan dan sentuhan pencerahan yang meyakinkan.

Kegiatan ini melibatkan 45 orang peserta yang terdiri dari: Pimpinan UIN Suska Riau, Pengurus Rumah Moderasi UIN Suska Riau, dua orang dosen per Fakultas/Pasca, kalangan mahasiswa UIN Suska Riau dan organisasi serta lembaga keagamaan (NU, Muhamadiyah dan FKUB). Ketua Panitia Dr. Drs.H. Arbi Yasin, M.Si. mengakhiri laporannya dengan memohon izin kepada hadirin untuk menyampaikan untaian syair Melayu sebagai penutup:

“Gendang dipukul bertubi-tubi, Suaranya terdengar merata negeri, Seminar Nasional mari diikuti, Pertanda penguat bermoderasi.”

Sertifikat Ketua Panitia Seminar Nasional Moderasi Beragama: Dr. Drs. Arbi, M.Si.

Berikut terlampir SK berkaitan dengan kegiatan ini: https://drive.google.com/drive/folders/10fNG0wXCwVRhPRpxHfhXogolaLIcZ3ss?usp=sharing

Laporan Ketua Panitia: Dr. Drs. H. Arbi, M.Si.

Editor: Nurazila Sari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Inspiring, Penelitian Nilai-nilai keislaman dalam Etnoparenting Penrek Tojang Suku Bugis dan Teknik Ecoprint pada anak usia dini membawa Syarifah Wilda Dwi Putri dan Yeti Afrita mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau menyelesaikan studi S1 di semester 7

Kamis (12/01/2023), Dua mahasiswa kebanggan PIAUD UIN Suska Riau berhasil menyelesaikan studi S1nya di semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
2 × 21 =