AMI (Audit Mutu Internal) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska RIAU 2021

Tuntutan masyarakat akan kualitas Perguruan Tinggi saat ini semakin menjadi pacuan bagi setiap institusi pendidikan. Peningkatan mutu internal dan pelayanan telah diperkuat oleh pemerintah dalam UU NO. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.  Bahkan diatur dalam Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2005 tentang PT. Perpem no. 19 tahun 2005 tentang Standar PT dan Higher  Education Long Term Strategy 2003-2010 dan Pedoman Penjaminan Mutu PT tahun 2003. Sehingga Kegiatan Audit Mutu Internal perlu dilaksanakan sebagai wujud dari Peraturan Pemerintah dan Undang-undang yang telah ditetapkan.

Senin, 08 November 2021 Pukul 09.00 WIB. telah dilaksanakan proses Audit Mutu Internal (AMI) oleh Ibu Fitri Aryani, M.Sc. selaku Auditor Ketua. Audit ini  dilakukan secara sistematik dalam ruang lingkup akademik, yang berlokasi di program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Terdapat 59 aspek dan indikator yang masuk dalam proses audit ini. Seluruh aspek diperiksa bukti dokumentasi dan keterangannya. Sebagai otentifikasi bahwa referensi yang diberikan benar adanya. Audit Mutu Internal langsung  dihadiri oleh Ketua Program Studi PIAUD Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag. dan Sekprodi Nurkamelia Mukhtar AH, M.Pd.

Tujuan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Audit salah satunya meneliti kepatuhan/ketaatan penjaminan mutu akademik internal tingkat jurusan terhadap kebijakan akademik, standar dan sasaran mutu internal tingkat fakultas dan universitas. Referensi-referensi yang diajukan oleh pihak Prodi PIAUD mendapatkan beberapa catatan dan saran dari auditor. Salah satunya pada aspek DT (Dosen Tetap) yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi perlu ditambah. Karena prodi PIAUD perlu memperioritaskan dosen-dosen yang sesuai dengan latar belakang ke-Paud-an nya. Sementara ini hanya terdapat 3 orang dosen yang sesuai dengan bidang keahlian PIAUD. Selain itu, mengingat rasio kebutuhan mahasiswa yang tinggi akan dosen berkompeten sesuai keahlian PIAUD. Saran lainnya agar dosen-dosen PIAUD segera meningkatkan kualitas diri dengan melaksanakan Program Studi S3.

Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) bersama Ibu Fitri Aryani M.Sc.

Penulis: Nurkamelia Mukhtar AH, M.Pd.

Editor: Nurazila Sari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Inspiring, Penelitian Nilai-nilai keislaman dalam Etnoparenting Penrek Tojang Suku Bugis dan Teknik Ecoprint pada anak usia dini membawa Syarifah Wilda Dwi Putri dan Yeti Afrita mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau menyelesaikan studi S1 di semester 7

Kamis (12/01/2023), Dua mahasiswa kebanggan PIAUD UIN Suska Riau berhasil menyelesaikan studi S1nya di semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
17 × 30 =