PIAUD UIN SUSKA RIAU ADAKAN BEDAH JURNAL UNTUK MENUJU SINTA 2

PIAUD UIN SUSKA RIAU sampai saat ini sudah memiliki jurnal yang bernama KINDEGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education yang saat ini sudah terakreditasi Sinta 3. Melihat prestasi dari jurnal KINDEGARTEN yang dirintis oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang saat ini sudah mencapai peringkat ke 86 dari 1163 jurnal ber-sinta 3. Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pengelola jurnal.

Tidak hanya ingin mengukir prestasi sampai di Sinta 3, PIAUD UIN Suska ingin menaikkan reputasi jurnal menuju sinta 2. Sehingga pada Senin 27 September 2021 PIAUD UIN Suska Riau mengadakan kegiatan bedah jurnal tepat pukul 08.30 sampai dengan selesai, mengundang narasumber dari Dosen Universitas Pahlawan Tuanku Tambusan, bapak Mohammad Fauziddin, M.Pd., yang juga sebagai pengelola jurnal Obsesi yang saat ini telah menduduki sinta 2.

Kegiatan bedah jurnal ini dibuka oleh Master Of Ceremony saudari Ruliana Fajriati, M.Pd. yang merupakan alumni dan dosen di PIAUD UIN Suska Riau, serta menjadi salah satu pengelola jurnal KINDGARTEN. Kegiatan bedah jurnal ini dilakukan secara Blanded, secara langsung yang diadakan di ruang rapat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Lantai 2 dan juga secara online via zoom meeting.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari Editor in Chief bapak Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag., beliau menyampaikan tentang sejarah singkat terbentuknya jurnal KINDEGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education yang terbentuk sejak tahun 2018 dengan editor in chief sebelumnya adalah bunda Nurhayati Sudirman, M.Pd., kemudian editor in chief diganti pada tahun 2020. Akreditasi jurnal didapatkan pada tahun 2020. Kemudian sambutan dari kajur PIAUD UIN Suska bunda Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., beliau menyampaikan bahwa diharapkan dengan sudah terakreditasinya jurnal KINDEGARTEN yang telah berada pada sinta 3, team dapat memfilter dan memilih jurnal yang berkualitas, karena daya tarik penulis yang mensubmit semakin banyak ke jurnal. Selanjutnya kata sambutan sekaligus pembukaan acara bedah jurnal dalam hal ini oleh Dekan yang diwakilkan oleh WD 1 Bapak Dr. H. Zarkasih, M.Ag., beliau mengharapkan pengelola jurnal dapat meningkatkan jurnalnya menuju sinta 2 atau bahkan lebih. Dan yang terakhir ditutup dengan do’a oleh bapak Musa Takhir, M.Pd.

Acara selanjutnya adalah bedah jurnal yang dimoderatori oleh editor in chief jurnal KINDEGARTEN bapak Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag., kemudian langsung menyerahkan waktu sepenuhnya kepada bapak Mohammad Fauziddin, M.Pd., beliau menyampaikan beberapa hal yang dijadikan pertimbangan untuk berubah ke arah yang lebih baik untuk jurnal KINDEGARTEN sendiri yang ingin menuju sinta 2. Memulai dari bagaimana harusnya sistem pengelolaan jurnal, berapa anggota yang sebaiknya masuk ke dalam team editor, syarat dan ketentuan yang harusnya dipenuhi, bagaimana reviewer jurnal harunya melakukan review jurnal, waktu yang sebaiknya diberikan untuk mereview jurnal, revisi authot guidelines dalam hal ini masih ada beberapa hal yang harus pengelola jurnal perbaiki, hingga perbaikan template untuk menjadi lebih baik lagi.

Penulis: Nurazila Sari

Dokumentasi: Nurkamelia Mukhtar AH.

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

MERIAHKAN HAB KEMENAG KE 77, MAHASISWA PIAUD UIN SUSKA PAMERKAN POSTER ILMIAH

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-77 dengan tema “Kerukunan Umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
8 + 5 =