Visiting Lecturer #2 bersama Bunda Nurkamelia “Pendidikan Anak dalam Keluarga”

Di penghujung tahun 2021 ini Program PPS PIAUD kembali mengadakan agenda Visiting Lecture (Kuliah Dosen Tamu) yang kedua kalinya. Visiting Lecture ini merupakan kegiatan yang sangat positif karna peserta akan disuguhkan oleh dosen-dosen tamu yang berkompeten di bidangnya, selain itu peserta juga bisa sekaligus menjalin silaturrahim dengan peserta-peserta lainnya yang berasal dari berbagai kampus. Visiting Lecture kali ini bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

 

Pekanbaru, 18 Desember 2020 Program Studi STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau mengundang Dosen Tamu yakni Bunda Nurkamelia Mukhtar, AH, M.Pd yang merupakan dosen PIAUD UIN Suska Riau, dengan mengusung tema “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Versi Al-Qur’an”.  Kegiatan ini diselenggarakan melalui zoom meeting dan dihadiri oleh mahasiswa PIAUD  semester 1 Kelas C baik dari UIN Suska maupun STAIN, serta dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga  Versi Al-Qur’an baik itu dari STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau maupun UIN Suska Riau. Dengan basis pengetahuan dan pemahaman mengenai psikologi, beliau mulai menyelami dunia pendidikan anak dan keluarga. Beliau menjadi pengarah pusat pendidikan awal kanak-kanak.

Membuka kegiatan tersebut,Bunda Nur Kamelia., selaku dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga Versi Al-Qur’an menyampaikan bahwa “Jadilah orang tua yang smart dan benar-benar memperhatikan bagaimana tumbuh kembang anak dan kebutuhan anak didalam sebuah keluarga, karena yang kita inginkan adalah anak yang tumbuh dengan cerdas, anak yang tumbuh dengan sehat jasmani dan rohani. anak yang tumbuh dengan nilai-nilai tauhid, nilai nilai akidah, nilai keislaman yang baik, sebab keluarga adalah pendidikan utama pada anak, dan Ibu adalah Madrasatul Ula yang baik bagi anak, setelahnya barulah pendidikan yang ada diluar”.

Pelaksanaan Visiting Lecture ini untuk memberikan pemahaman mengenai Pendidikan Anak Dalam Keluarga Versi AL-Qur’an dan memberikan penguatan kepada para mahasiswa PIAUD Semester 1 mengenai pengembangan pendidikan keluarga.

Dengan gaya bahasa yang komunikatif, beliau menyampaiakan materi yang didasarkan oleh teori pendidikan keluarga versi Al-Qur’an. Beliau menyampaikan urgensi dari adanya pelibatan keluarga dalam pendidikan anak. Keluarga sebagai sosok utama pendidik untuk anak harus benar-benar memahami peranannya. Karena tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan disekitar. Sehingga berawal dari pondasi keluarga yang kuat, nantinya akan melahirkan anak-anak  dengan kesuksesannya masing-masing. Antusias dari mahasiswa pun terlihat ketika terjadi saling sharing setelah penyampaian materi selesai, terbukti dari beberapa pertanyaan dari mahasiswa yang dapat memantik dosen dalam memberikan materinya.

Di penghujung acara seluruh peserta Visiting Lecture melakukan sesi foto bersama dengan Ibunda Sri Zulfida, M.A yang merupakan Ketua Prodi PIAUD STAIN Sulthan Abdurrahman Kepulauan Riau. Kuliah umum ini memberikan banyak pemahaman untuk mahasiswa mengenai pendidikan keluarga. Pendidikan keluarga merupakan pendidikan informal. Pendidikan keluarga menjadi salah satu ranah yang juga harus dipahami oleh mahasiswa. Karena kebermanfaatan dari pendidikan keluarga yang sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas sumber daya manusia. Dengan bekal pemahaman dari kuliah umum ini harapannya mahasiswa dapat lebih giat untuk mengeksplore isu dan program yang berkaitan dengan pendidikan keluarga.

Selanjutnya Ibunda Sri Zulfida, M.A berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan Visiting Lecture ini secara optimal sebagai media dalam menggali informasi serta bertukar gagasan mengenai pentingnya parenting untuk pendidikan anak usia dini, beliau juga berharap dengan adanya kegiatan visiting lecture ini semoga dapat mempererat silaturahim antara PIAUD UIN Suska Riau dengan STAIN Sulthan Abdurrahman Kepulauan Riau.Sebagai penutup, Mhd. Abror, M.Ag selaku dosen pengmapu PIAUD STAIN Sulthan Abdurrahman Kepulauan Riau mengucapkan “terima kasih atas ilmu yang telah diberikan kepada mahasiswa baik dari UIN Suska Riau dan STAIN Sulthan Abdurrahman Kepulauan Riau, semoga ilmunya berkah”. (ujarnya)..

 

Penulis: Rabiyatul Adawiyah
Dokumentasi: Nurkamelia Muhktar AH
Editor:Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

SURVEY LOKASI PELAKSANAAN PPL MAHASISWA PIAUD TAHUN 2022

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
26 − 26 =