Peningkatan Kompetensi PIAUD “Webinar Nasional PPS PIAUD Wilayah Sumatera”

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Semoga keberkahan dan keridhoan Ilhai Rabbi senantiasa mengiringi kita semua dalam menapaki setiap visi dan misi kehidupan Aamiin YRA..

Apa kabar para pengemban ilmu?? Semoga tetap sehat dan semangat walau virus covid-19 belum juga musnah. Kali ini kita akan Kembali membahas soal pengetahuan dan wawasan seputar informasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Webinar nasional yang Kembali ditaja pada tanggal 05 Desember 2020 melalui zoom meeting ini menghadirkan beberapa narasumber berkompeten dan mempuni. Narasumber 1 yakni Bunda Dr. Yennizar, N, M. Pd.I selaku Dekan PIAUD IAIN Batang Hari serta Narasumber 2 merupakan Dosen Universitas Islam Riau yang konsen dalam bidang Psikologi beliau adalah Bunda Alucyana, M. Psi.

Mengawali webinar nasional ini dengan pembukaan yang diambil alih oleh MC yakni Ibu Novi Susanti, mengarahkan jalannya acara webinar yang  dilaksanakan mulai pukul 08.30-12.00 WIB. Kemudian untuk memantik rasa nasionalisme seluruh partisipan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin Oleh MC acara. Tak lupa secarcik kata sambutan dari Ketua Umum PPS Indonesia Bapak Sigit Purnama, M. Pd dan Ketua PPS Piaud Wilayah I Sumatera Ibu Nurhasanah Bakhtiar, M. Ag , Kata sambutan didahului Ibu ketua PPS wilayah I sumatera yang mana menginginkan sebuah pemahaman baru terkait kompetensi khususnya dalam kepiaudan. Pada akhir sambutan Ibu Nurhasanah Bahktiar yang juga merupakan Kaprodi Piaud Uin Suska Riau menyematkan sebuah pantun mengawali dan membuka secara resmi webinar nasional ini.

“ Pergi Ke pasar membeli sutra

sutra dijahit oleh wa’atan

selamat mengikuti webinar piaud seluruh Indonesia

semoga kompetensi dosen dapat ditingkatkan “

Isi pantun tersebut pun sejalan dengan harapan ketua PPS seluruh Indonesia yakni bapak sigit purnama yang mengharapkan ada peningkatan dari segi kompetensi dosen piaud yang mana mengarahkan mahasiswa/i piaud agar memahami tujuan dan hakikat dari Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Materi webinar piaud seluruh Indonesia ini diambil alih oleh moderator yang menjadi pemimpin jalannya diskusi pada setiap materi yang disampaikan oleh narasumber-narasumber yang telah didatangkan. Pada materi pertama, dibuka oleh narasumber 1 yakni bunda Yenni dimana beliau fokus mengulas kompetensi dosen piaud dari segi profesionalisme dan juga pedagogic. Pada ulasan materi nya bunda yenni mengutip sebuah pesan dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim yang mengatakan bahwa “ Sebainya Guru SD,SMP, SMA bahkan dosen sekalipun sering-seringlah dating ke paud”. Melalui pandangan Nadiem membuka kesadaran kita bahwa menjadi guru atau pendidik anak merupakan kompetensi mulia yang harus dirasakan bagi semua pihak yang terlibat didalamnya. Artinya bukan hanya sadar tapi paham bahwa kompetensi pendidik anak memang layak dijadikan sebagai suatu acuan bagi para pendidik agar mampu bermetamorfasa Kembali kepada tujuan awal Pendidikan anak usia dini yakni melaksanaan pembinaan. Siapa yang dibina? Merekalah anak yang memiliki usia rentang 0-6 tahun dengan mengembangkan semua aspek perkembangan dan pertumbuhan anak, inilah yang kita kenal kepada 6 aspek perkembangan anak. Dan pada akhir materi nya bunda yenni mengatakan sebuah kalimat sederhana namun bermakna dalam “ guru paud merupakan guru yang luarbiasa”.

Belum  selesai dibuat terkesima oleh materi luarbiasa yang disampaikan bunda yenni, peserta zoom meeting webinar nasional Kembali dibuat kagum oleh kompetensi piaud dari segi kepribadian. Kepribadan seseorang sangat erat kaitannya dengan old experience (pengalaman masa lalu) inilah kalimat pengawal materi yang disampaikan narasumber 2. Artinya kepribadian anak sangat berpengaruh daripada pengalaman masa kanak-kanak nya. Sehingga meninggalkan potret dan memori yang positif bagi anak sangat memungkinkan menjadikan anak pribadi yang bermutu dan berkualitas, dan lagi dan lagi kompetensi ini harus dipahami dan disadari bersama sebagai calon atau pendidik anak.

Kedua materi luarbiasa ini sangat diapresiasi oleh seluruh partisipan pada zoom meeting, dan diharapkan melalui tema yang diangkat dapat mewujdukan setiap harapan terbaik untuk kelanjutan Pendidikan islam anak usia dini di masa kino, besok dan seterusnya…

Semoga webinar nasional sejenis ini, terus ditaja mengingat dan menimbang kebermanfaatan yang besar bagi Piaud dan semua lingkup didalamnya. Aamiin yaa Rabbal’alamin..

Penulis: Iis Aisyah Sholihat

Editor: Heldanita
Dokumentasi: Nurhasanah

 

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) PERKUMPULAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PPIAUD) TAHUN 2021

Terlaksana sudah kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
12 − 11 =