Webinar Nasional Perkumpulan Program Studi Piaud Wilayah Sumatera : Peningkatan Sumber Daya Dosen Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat

Webinar Nasional Perkumpulan Program Studi Piaud Wilayah Sumatera yang ditaja oleh Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dengan tema “Peningkatan Sumber Daya Dosen Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat”. Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2020 dengan Narasumber dalam pembahasan ini ibu Elis komalasari, M. Pd. (Dosen IAN Batu Sangkar) membahas tentang Pembelajaran Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat Serta Kiat Sukses Lulus PkM Hibah Diktis dan ibu Raihana, MA. (Dosen Uiniversitas Riau) membahas tentang Kiat Sukses Lulus Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Dikti. Kegiatan ini dibuka oleh ketua perhimpunan program studi (PPS) PIAUD , Dr. Sigit Purnama, M. Pd. Ketua PPS PIAUD Indonesia ini sangat mengapresiasi Webinar yang telah dilaksankan PPS Piaud Wilayah Sumatera dengan harapan kegiatan ini akan terus berjalan kedepannya. Beliau juga menegaskan bahwa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan variabel utama bagi tenaga pendidik.

Narasumber pertama dalam diskusi adalah ibu Elis komalasari, M. Pd. (Dosen IAN Batu Sangkar) dengan topik “Pembelajaran Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat Serta Kiat Sukses Lulus PkM Hibah Diktis”. Beliau menjelaskan fungsi dari based Learning, bahwa kita tidak hanya memberi namun membangun kesadaran masyarakat.  Community Based Learning adalah pendekatan pengajaran yang menghubungkan tujuan pembalajaran di ruang kelas dengan keterlibatan masyarakat. Kemudian beliau juga memfokuskan bahwa tipe pengalaman pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis komunitas diantara tipe yang lainnnya. Hal itu dikarenakan beliau ingin memberikan kesadaran kepada masyarakat melalui mahasiswa yang diturunkan kelapangan. Terkait dengan perolehan Hibah Diktis pada tahun 2015 dalam bidang penelitian berbasis pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode CBR. Terakhir dalam pengabdian kepada masyarakat secara utuh telah dilaksanakan kegiatan kawasan bermain selama 4 tahun berutut-turut.

 

Sedangkan Narasumber kedua adalah ibu Raihana, MA. (Dosen Uiniversitas Riau) membahas tentang Kiat Sukses Lulus Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah Dikti. Beliau menjelaskan berdasarkan buku panduan hibah dikti XIII skema pengabdian terbagi menjadi 2 yaitu program kemitraan masyarakat (PKM) adalah program mono tahun dengan jangka waktu kegiatan 8 (delapan) bulan sedangkan program kemitraan masyarakat stimulus (PKMS)  adalah program mono tahun dengan jangka waktu kegiatan 6 (enam) bulan.

Dalam diskusi tampak audiens tertarik untuk bertanya salah satunya adalah upaya dan trik seorang dosen dalam mengkolaborasikan pembelajaran pengabdian kepada masyarakat dengan mahasiswa. Upaya nya adalah menetapkan pencapaian pembelajaran dan menentukan mata kuliah yang memiliki potensi untuk dapat diintegrasikan dengan pengabdian kepada masyarakat.

Terakhir, sebelum kegiatan berakhir Dr. Nurhasanah Bakhtiar (Ketua Prodi PIAUD Uin Suska Riau) menegaskan bahwa agar saling bekerja sama untuk melaksanakan Pengabdian Masyarakat agar kehadiran kita dirasakan oleh orang-rang sekitar dan memberikan manfaat lebh banyak lagi bagi masyarakat. Mengakhiri kalimatnya Dr. Nurhasanah Bakhtiar mengucapkan terimakasih kepada pihak yang terlibat dalam webinar ini. Foto Bersama Setelah Webinar Selesai.


Penulis: Bima Haryani
Dokumentasi:Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

SURVEY LOKASI PELAKSANAAN PPL MAHASISWA PIAUD TAHUN 2022

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
17 − 12 =