VISITING LECTURE #3 BELAJAR APE RA BERSAMA BUNDA YULI

Program PPS PIAUD terus bergeliat sampai akhir tahun 2020. PPS PIAUD selalu berupaya dirasakan langsung manfaatnya oleh mahasiswa di setiap prodi PIAUD di Indonesia. Visiting Lecturer (Kuliah dosen tamu) menjadi salah satu kegiatan yang sangat representatif untuk program ini. Kegiatan ini dilaksanakan lintas universitas di satu daerah dan bahkan lintas provinsi. Visiting Lecturer (Kuliah dosen tamu) juga dapat menjadi program awalan untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar yang nantinya dosen mata kuliah di luar tempat ia bertugas.

Sabtu, 19 Desember 2020 telah diadakan kuliah dosen tamu ketiga kalinya antara PIAUD UIN Suska Riau dengan kampus lain. Kali ini pada mata kuliah Alat Permainan Edukatif (APE) RA untuk semester 5 jurusan PIAUD UIN Suska Riau. Dosen tamu berasal dari IAIN Ponorogo yakni bunda Yuli Salis Hijriyani, M.Pd. dosen matakuliah Alat Permainan Edukatif (APE) RA adalah Heldanita, M.Pd. Kegiatan dibuka oleh ketua jurusan PIAUD FTK UIN Suska Riau Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan besar mahasiswa semester 5 PIAUD UIN Suska Riau akan belajar banyak dari dosen tamu  sebab mata kuliah APE RA ini sangat relevan dengan salah satu profil lulusan yakni menjadi edupreneurship, “APE RA merupakan mata kuliah yang menjadi peluang dan tantangan bagi mahasiswa, besar harapan kita dapat mengembangkan industri APE di Riau” Ujarnya.

Kegiatan ini dimoderatori langsung oleh bunda Heldanita. Dalam pemaparannya, bunda Yuli memaparkan materi tentang jenis-jenis APE RA. Jenis-jenis permainan RA adalah permainan sensori motor, permainan simbolis, permaian sosial, permainan konstruktif dan games. Adapun manfaat permainan konstruktif diantaranya motorik halus, membangun kepercayaan diri pada anak dan melatih imajinasi dan kreativitas. Pada closing statementnya bunda Yuli menyampaikan “jgn berhenti untuk mengembangkan kreativitas, karena kreativitas adalah sebuah kebutuhan, oleh karena itu penuhilah kebutuhan suka cita” Ujarnya

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa dosen PIAUD UIN Suska Riau yakni bunda Ilmiyati dan bunda Nurkamelia serta tentunya Mahasiswa semester 5 kelas A dan B PIAUD UIN Suska Riau. Turut hadir juga beberapa mahasiswa PIAUD IAIN Ponorogo. Peserta  sangat antusias mengikuti kuliah dosen tamu, ditandai dengan banyaknya pertanyaan terkait materi yang diberikan oleh mahasiswa diantaranya ananda Tri Kumala, karmila, novita sari, Hafizah (Mahasiswa 5A dan 5B PIAUD UIN Suska Riau ) yang menanyakan tentang tips dan trik  menemuka ide untuk memodifikasi APE serta peran orangtua dalam games.

Tidak sekedar diskusi terkait materi dengan  dosen tamu, dosen matakuliah APE RA yang dalam hal ini adalah bunda Helda banyak belajar tips dan trik menjadikan perkuliahan lebih menarik lagi dan kiat-kiat sukses menembus lomba APE nasional dan internasional dari Bunda Yuli. Semoga kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi baru bagi mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau untuk lebih berprestasi kedepannya.

Penulis:Heldanita

Dokumentasi: Heldanita

Editor: Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Visiting Lecture dan Sosialisasi Program Magister Universitas Negeri Padang

Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau mengadakan Visiting Lecture …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *