PIAUD SUSKA SHARING#1: Kupas Tuntas tentang Kindergarten Journal Of Islamic Early Childhood Of Education”.

Saat ini dunia masih dilanda oleh wabah pandemi covid 19, mengakibatkan perubahan pada aspek pendidikan. Pembelajaran dilakukan secara daring tidak lagi didalam ruangan kelas secara tradisonal, mendorong lembaga pendidikan untuk bisa beradaptasi dan berinovasi melakukan berbagai kegiatan pendidikan secara online. Menjawab tantangan pendidikan saat ini Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau menyelenggarakan kegiatan webinar untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang journal, karena salah satu misi dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Suska Riau adalah menyelenggarakan penelitian dalam pengembangan ilmu pendidikan.

Kegiatan webinar dalam rangka mewujudkan salah satu misi Program Studi PIAUD UIN Suska Riau disebut dengan kegiatan  PIAUD Suska sharing1 dengan tema “Kupas Tuntas tentang Kindergarten Journal Of Islamic Early Childhood Of Education”. Yang diselenggarakan pada hari Jum’at 23 Oktober 2020 pada Pukul 16.00 WIB melalui zoom meeting dan live streaming youtube PIAUD UIN Suska Riau. Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia dini Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag menyambut dengan baik terselenggaranya kegiatan tersebut. Kegiatan  ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen PIAUD UIN Suska Riau dan berbagai kampus lainnya.

Berlangsungnya webinar dipandu oleh moderator Heldanita, M.Pd dan dua narasumber, narasumber pertama Dr. Zuhairansyah Arifin, M.Ag membahas topik “Pengenalan Template Jurnal Kindergarten” narasumber kedua Nurhayati, S.Pd., M.Pd., membahas topik “Cara Submit Artikel ke Jurnal Kindergarten”. Pada narsumber pertama memberikan pengenalan awal  template jurnal kindergarten Prodi PIAUD UIN Suska Riau bagaimana bentuk dan formatnya serta memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk meneladani penuli-penulis terkenal di Indonesia seperti Andrea Hirata, Asma Nadia, Tere Liye dan Ayu Utami yang tulisannya memberikan inspirasi bagi banyak orang. “Maka menulislah dari sekarang dan mulai dari diri sendiri ”. Sebagaimana orang-orang yang sukses itu karena dia menulis dan senantiasa ketika menulis memasukkan nilai-nilai pendidikan Islam didalamnya, kesimpulan  yang disampaikan oleh narasumber pertama.

Adapun narasumber kedua berbicara tekhnis cara submit artikel ke jurnal kindergarten, diawali dengan menceritakan sejarah terbentuknya jurnal kindergarten Prodi PIAUD UIN Suska Riau, kemudian menjelaskan tahapan-tahapan dalam submit artikel ke jurnal. Tahapan dalam submit artikel ke jurnal ada beberapa tahapan,  pertama artikel harus punya akun, penulis melakukan register pada website yang akan dituju dengan mengisi profil, username, password dan mengisi seluruh tahapan yang ada pada register. Tahapan kedua pastikan artikel sesuai dengan Author guidelines (pedoman penulisan) kemudian unggah file artikel yang akan di publikasikan. Tahapan ketiga, ketika muncul ringkasan dari seluruh file yang terupload klik tombol finish submission. Kesimpulannya kita harus punya akun dan bisa submit artikel, semakin banyak tulisan semoga memberikan kontribusi untuk pendidikan Indonesia, ujar narasumber kedua. Setelah sesi materi selesai disampaikan oleh kedua narasumber kemudian moderator memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk bertanya mengenai materi yang telah disampaikan, antusias peserta ingin bertanya dengan empat pertanyaan yang diajukan untuk kedua narasumber.

Setelah sesi tanya jawab selesai, moderator memberikan kesempatan kepada masing-masing narasumber untuk memberikan closing steatmennya. Narasumber pertama mengatakan “Jangan pernah meremehkan tulisan siapapun mulailah dari diri sendiri, seberapapun tulisan yang anda buat itu yang berharga. Tanya hati ketuk selera sudah berapa karya yang anda buat”. Closing steatment dari narasumber kedua “Menulis adalah memberikan noktah putih pada  lembaran kertas, kalau tidak sekarang suatu masa akan dibaca orang, ketika manusia meninggal dunia karya atau tulisannya yang akan menjadi amal jariyah. Tetap semangat dalam belajar dan jadikanlah menulis itu  sebagai kebutuhan dan kewajiban, mudahan-mudahan ini menjadi bagaian kontribusi untuk membangun kemajuan pendidikan Indonesia”. Demikianlah, serangkaian dari kegiatan webinar PIAUD Suska Sharing#1 dengan rentang waktu lebih kurang dua jam. Semoga kedepannya akan ada lagi acara Sharing seperti ini dengan tema-tema menarik lainnya yang berhubungan dengan pendidikan anak usia dini.

Penulis: Jumita Sari
Dokumentasi: Nurkamelia Mukhtar AH
Editor: Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PIAUD UIN Suska Riau SALING BERBAGI KARYA

  (Malaysia, 13 September 2023), Sebelum keberangkatan tim ke Malaysia, delegasi PIAUD yaitu Bunda Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *