WORKSHOP DOSEN PIAUD “PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENSE DALAM PEMBELAJARAN”

Mengawali semester baru, PIAUD menjadi jurusan terdepan yang mengadakan kegiatan pertemuan dosen. Kegiatan ini juga disambut baik dan mendapat apresiasi oleh Wakil Dekan III FTK UIN SUSKA, Bu Dr. Amirah Diniaty,M.Pd.,Kons, yang sekaligus membuka kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 2 Februari 2024. Dengan mengangkat tema “Pemanfaatan Artificial Intelligense Dalam Pembelajaran”, PIAUD mengundang narasumber luar biasa, Dr. Muhammad Habibi, S.Pd., M.Pd.

Banyak pemanfaatan Artificial Intelligense (AI) yang telah kita rasakan saat ini. Namun yang menjadi tantangan adalah pertimbangan etis, seperti pembuatan karya tulis ilmiah berupa skripsi. Selain itu, yang penting dalam AI adalah updating aplikasi untuk dapat meningkatkan fungsionalitas berupa fitur tambahan, alat baru, atau integrasi dengan layanan atau platform lain yang berguna bagi pengguna.

Beberapa aplikasi yang menggunakan AI dan dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan, seperti Quizizz, ChatGPT, dan lain sebagainya. Dosen dapat menggunakan Quizizz untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Dengan memberikan kuis secara teratur, dosen dapat memantau kemajuan belajar mahasiswa dari waktu ke waktu. Penggunaan Quizizz yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan tingkat partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan. Selain itu, dosen juga dapat menyusun media pembelajaran berupa slide melalui Quizizz.

Selanjutnya, AI yang sudah sangat familiar saat ini adalah ChatGPT. Disamping kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, ChatGPT termasuk AI yang paling mudah digunakan. Adapun AI lain yang mendukung dunia akademisi, diantaranya adalah https://www.perplexity.ai/, https://app.jenni.ai/,  elicit.com, dan lain sebagainya. Banyaknya AI yang dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan tentunya perlu diimbangi dengan pemahaman yang baik tentang informasi yang dicari dan bagaimana menyampaikan kepada mahasiswa. Oleh karena itu, dosen harus bijak dalam hal ini. Semoga kedepannya, adanya AI memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan.

About titin latifah

Check Also

DOSEN PIAUD TAJA PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH RAMAH ANAK

Hotel Ayola, 25 Oktober 2023, salah satu tugas dosen yang mesi dilaksanakan adalah pengabdian kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *