Bersiap Menyambut Semester Baru, PIAUD UIN Suska Riau Gelar Rapat Dosen

RAPAT DOSEN PIAUD MEMULAI SEMESTER GENAP 2022/2023

Rabu, 8 Februari 2023

Menyambut semester baru, para dosen PIAUD UIN Suska Riau mengadakan rapat pada Rabu (08/02) di Lantai 2 FTK. Rapat yang dihadiri 14 dosen dan admin prodi ini membahas tentang evaluasi pembelajaran semester lalu, serta persiapan untuk pelaksanaan perkuliahan pada semester genap ini.

Adapun agenda rapat adalah sebagai berikut:

1. Kisi dan soal ujian komprehensif (PJ: Sekjur dan Tim Soal)

Dosen membentuk panitia untuk menyusun soal-soal keprodian sebagai bahan Ujian Komprehensif. Soal ini nantinya akan disusun sebanyak 35 soal dalam 3 paket dengan total ada 105 soal.

Ujian komprehensif ini bersifat integral dan menyeluruh dalam ilmu-ilmu Pendidikan dan keguruan (keTarbiyahan dan Keguruan), serta keprodian. Ujian ini bertujuan menilai keluasan wawasan dan kemampuan akademik yang dicapai mahasiswa selama mengikuti perkuliahan (teori) pada program studi PIAUD.

2. Sarana dan prasarana: Lampu ruang kelas kurang bercahaya, colokan, kipas.

Sejak semester lalu, ruang belajar Prodi PIAUD beralih ke Gedung J. Ruangan kelas tersebut lebih lega dan dihias sedemikian rupa demi kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, masih ada hal yang menjadi perhatian, seperti ada lampu kelas yang kurang bercahaya, colokan listrik yang kurang memadai dan terkadang ada yang tidak berfungsi, serta ada kipas angin yang tidak menyala.

Untuk menyambut semester baru, para dosen berharap masalah fasilitas ini bisa segera diselesaikan.

3. Turnitin Skripsi (Admin Prodi) 40 %, dimulai dari proposal.

Untuk meningkatkan kualitas tulisan dan menghindari tindakan plagiarism di lingkungan kampus, khususnya di Prodi PIAUD, maka setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan proposal akan dicek plagiarismnya melalui aplikasi Turnitin dengan persentase plagiarism sebesar 40%. Pengecekan plagiarism ini nantinya akan dibantu oleh Admin prodi.

4. Membuat draf artikel skripsi syarat ACC, bukti submit sebagai syarat mengambil transkrip nilai (Dosen Pembimbing dan Mahasiswa Bimbingan)

Salah satu masalah yang belum terpecahkan di Prodi PIAUD yakni sebagian besar mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya belum melakukan submit artikel dari hasil penelitiannya (skripsi). Adapun solusi yang ditawarkan adalah setiap mahasiswa diharuskan untuk membuat draft artikel skripsi sebagai syarat ACC untuk mengambil transkrip nilai.

5. Pembinaan bakat minat mahasiswa untuk meningkatkan prestasi mahasiswa

Sebagai upaya untuk menghasilkan mahasiswa/ sarjana yang memberi kontribusi kepada masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan formal, informal, dan nonformal berbasis integrasi ilmu, teknologi, dan seni dengan Islam, maka Prodi PIAUD bekerja sama dengan HMPS PIAUD akan melakukan pencarian bakat minta mahasiswa.

Sebagai salah satu wadah kegiatan mahasiswa, HMPS PIAUD bekerja sama dengan dosen diharapkan dapat melakukan pembinaan bakat minat tersebut. Adapun target yang diharapkan, minimal mahasiswa berbakat ini nantinya bisa mengikuti perlombaan dan menorehkan prestasi di tingkat prodi, fakultas, universitas, lokal, nasional, hingga internasional.

6. Pembinaan kemampuan baca Quran bagi mahasiswa

Sebagai upaya untuk menghasilkan mahasiswa/sarjana yang beriman dan bertaqwa, serta melihat keadaan bahwa sebagian besar mahasiswa belum terlalu fasih dalam membaca Al-Quran yang sesuai dengan kaidahnya, maka Prodi bekerja sama dengan HMPS PIAUD perlu untuk melakukan pembinaan kemampuan membaca Al-Quran. Sebagai rancangannya, nantinya akan dibentuk kelompok-kelompok mahasiswa sesuai dengan tingkat kualitas bacaan qurannya. Untuk menentukan tingkat kualitas bacaan quran tersebut, maka mahasiswa akan dites terlebih dahulu. Sehingga akan lebih mudah membina mahasiswa yang memiliki kualitas bacaan qurannya setara. Dengan demikian, diharapakan lulusan nantinya memiliki kemampuan bacaan quran yang sesuai dengan kaidahnya.

7. Setor ayat dan SKK (cek: kumpulkan buku ke PA)

Setoran ayat juz 30 adalah salah satu syarat mendaftar ujian munaqasah bagi mahasiswa FTK, termasuk di PIAUD. Oleh karena itu, diharapkan dosen PA dan mahasiswa saling bersinergi agar kegiatan ini dapat tuntas sesuai waktu yang telah disepakati.

Sebagai calon guru, mahasiswa juga perlu disiapkan untuk memiliki kemampuan hafalan al-Quran yang baik secara optmimal menuju integritas iman, ilmu dan amal.

Adapun alternatif tahapan setor ayat dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

1) Dosen PA membuat komitmen dengan mahasiswa bahwa ACC KRS online dengan menyetorkan ayat terlebih dahulu.

2) Mengumpulkan buku setor ayat kepada dosen PA

3) Menetapkan hari setor ayat.

Dosen PA dan mahasiswa saling berkoordinasi untuk menentukan hari setoran ayat/hafalan dan berusaha komitmen dengan hal tersebut.

8. Road Map Penelitian dan PKM PIAUD

Adapun Road Map Penelitian/ PKM di Prodi PIAUD diantaranya mengangkat tema sebagai berikut:

1) 6 Perkembangan AUD

2) APE

3) Parenting

4) Kurikulum dan Pembelajaran

5) Moderasi Beragama

6) Pengembangan Mutu dan Manajemen Lembagan PAUD

9. Rencana judul penelitian dan PKM semester genap 2022/2023

Dosen diharapkan segera mempersiapkan rancangan judul yang akan diikutsertakan dalam kegiatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas.

10. Mendata mahasiswa yang mampu selesai semester 7

Untuk mencapai target lulus tepat waktu, maka diharapkan kepada dosen dan admin prodi untuk mendata mahasiswa yang mampu menyelesaikan studinya pada semester 7.

11. Mendata mahasiswa yang berada pada semester 12 ke atas

Untuk menghindari mahasiswa yang akan DO (drop out), admin prodi diharapkan untuk mendata mahasiswa yang berada pada semester 12 ke atas.

12. Menjelaskan kode etik mahasiswa

Penting bagi kita semua untuk menanamkan akhlak dan budi pekerti kepada para mahasiswa, terutama mahasiswa calon guru. Untuk itu, perlu diingatkan dan dihimbau kembali kepada para mahasiswa tentang kode etik di lingkungan FTK UIN Suska Riau.

Berikut ini beberapa kriteria pakaian sesuai kode etik:

a. Baju longgar, panjang minimal dibawah panggul

b. Jilbab minimal menurutupi bagian dada dan memakai bros baju.

c. Tidak transparan

d. Penggunaan foto profil tidak boleh dengan laki-laki yang bukan muhrim

e. Disepakati pada kontrak perkuliahan

f. Pengurangan poin jika ada yang tidak sesuai kode etik

13. Program merdeka belajar (IKU rektor 2-4) %

Untuk menunjang pelaksanaan MBKM, maka rektor UIN Suska Riau mengeluarkan IKU (Indikator Kinerja Utama). IKU dibuat sebagai ukuran kinerja bagi fakultas dan prodi untuk menciptakan output lulusan yang lebih adaptif terhadap kebutuhan masyrakat. Selain itu, IKU juga dibuat sebagai sarana agar prodi dapat melilih keunggulan yang ingin dikembangkan, serta prioritas sasaran agar prodi dapat fokus mengejar perubahan yang paling penting. Oleh karena itu, rektor UIN Suska Riau mengeluarkan IKU dengan target ketuntasan kinerja berkisar antara 2-4% dari sampel.

14. Data IPK Mahasiswa

Tujuan IPK adalah sebagai evaluasi studi pada akhir program pembelajaran. Selain itu, nilai IPK juga digunakan untuk akreditasi prodi sehingga dirasa perlu bagi admin prodi untuk mendata IPK mahasiswa.

15. Data mahasiswa DO/berhenti/pindah

Untuk menghidari adanya kemungkinan mahasiswa yang akan didroput (DO)/berhenti/pindah, admin prodi dan para dosen diminta untuk mendata berapa lama masa studi mahasiswa bimbingannya. Mahasiswa yang sudah semester 6 diharapkan sudah bersiap untuk menyusun tugas akhir.

16. Meningkatkan daya saing dengan sosialisasi prodi ke sekolah

Ketatnya persiangan dan kebutuhan masyarakat akan disiplin ilmu yang beragam menjadi tantangan tersendiri bagi setiap perguruan tinggi. Oleh karena itu, harus ada cara jitu untuk meningkatkan daya saing prodi, salah satunya dengan sosialisasi yang dapat dilakukan melalui media sosial ataupun kunjungan ke sekolah-sekolah, baik negeri maupun swasta.

17. Mahasiswa mengikuti kegiatan Moderasi & Integrasi

Untuk menanamkan pemahaman dan implementasi moderasi beragama, maka mahasiswa diminta untuk mengikuti kegiatan moderasi beragama yang dilaksanakan di lingkungan UIN Suska Riau. Setidaknya ada 10-20 orang perwakilan dari Prodi PIAUD yang akan mengikuti kegiatan moderasi beragama dan intergasi Islam. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa tersebut dapat mensosialisasikan dan mengimplementasikan moderasi beragama kepada teman-temannya.

18. Tracer study 5 tahun terakhir

Tracer study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan kepada alumni 2 tahun setelah lulus. Hal ini bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh mahasiswa Prodi PIAUD yang telah lulus dari kampus agar dapat mengisi form isian Tracer Study yang sudah disediakan. Melihat bahwa masih sedikit alumni yang mengisi form tersebut, maka pihak Prodi bekerja sama dengan perwakilan alumni PIAUD membantu menyebarkan link form isian Tracer Study melalui grup-grup whatsapp masing-masing angkatan.

19. Hafal juz 30

Dosen diharapkan dapat memotivasi dan membimbing mahasiswanya untuk menyelesaikan hafalan juz 30 sebagai syarat untuk bisa mengikuti ujian munaqasah.

20. Dosen mengajar tepat waktu

Untuk menjaga komitmen dan kedisiplinan, diharapkan para dosen hadir dan memulai perkuliahan di kelas tepat waktu sesuai dengan yang telah disepakati. Hal ini juga membantu menanamkan karakter kepada mahasiswa calon guru. Selain itu, perkuliahan yang dilaksanakan sesuai dengan waktunya akan sangat membantu jalannnya aktivitas perkuliahan, mengingat ruangan yang masih terbatas.

21. Pertemuan dosen PA minimal 4 kali dalam satu semester

Pertemuan dosen PA dirasa perlu dengan tujuan untuk diskusi dan sharing permasalahan atau kendala yang dialami mahasiswa, juga untuk perbaikan dan peningkatan layanan bimbingan kepada para mahasiswa. Pertemuan dosen PA ini dilaksanakan minimal 4 kali dalam satu semester. Dengan demikian, diharapkan target-target yang telah disusun dapat tercapai sesuai waktunya.

22. Tim website/humas prodi

Untuk menunjang kinerja tim HUMAS dalam menyebarkan informasi dan sosialisasi kegiatan prodi, maka tim website dapat bekerja sama dengan mahasiswa dari HMPS PIAUD untuk mencari mahasiswa berbakat dalam hal menulis. Mahasiswa yang berbakat nantinya akan sangat membantu perkembangan website prodi. Dengan demikian, diharapkan website PIAUD lebih aktif dan komunikatif pada lingkungan di dalam maupun di luar prodi.

23. Tawaran kerjasama dengan Litbang

Balai Penelitian dan Pengembangan (Litbang) bekerja sama dengan UIN Suska Riau akan mengembangkan beberapa penelitian sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Oleh karena itu, prodi PIAUD merancang beberapa tema penelitian sebagai berikut:

a. Menumbuhkan sikap moderasi pada anak usia dini

b. Menumbuhkan karakter anti korupsi sejak dinii

c. Menumbuhkan kecintaan pada kearifan local bagi anak usia dini

d. KKN tematik: stunting

24. Bagikan 16 RPS untuk dosen

Mengenai akan diterapkan kurikulum baru, yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), para dosen yang mengajar mahasiswa di semester 2 akan diberikan RPS sebagai pedoman untuk menyusun kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. RPS tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dan bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan dosen di kelas.

25. RAT PPIAUD di Padang Panjang tanggal 14-16 Maret 2023

Kegiatan RAT PPIAUD akan dilaksanakan di Padang Panjang pada tanggal 14-16 Maret 2023. Kegiatan ini boleh diikuti oleh seluruh dosen Prodi PIAUD.

26. Ruangan Prodi PIAUD pindah ke ke Lantai 2 FTK

Untuk menghindari penumpukan mahasiswa yang mengurus berkas dan dokumen lainnya di lantai 2 FTK, maka ruangan prodi yang ada di lantai 1 dipindahkan ke lantai 2 pada hari Kamis, 9 Februari 2023. Oleh karena itu, akan dilaksanakan gotong royong oleh karyawan, dosen, dan civitas akademik lainnya untuk merapikan ruangan dan mempersiapkan segala sesuatunya di FTK.

27. Pengisian tubel

Para dosen diharapkan mengisi tubel untuk mengajukan usul tugas/izin belajar. Diharapkan nantinya akan ada dosen yang melanjutkan studinya ke jenjang lebih tinggi untuk pengembangkan karirnya.

28. RAB Praktikum prodi maksimum 10 juta.

Para dosen di Prodi PIAUD diminta untuk menyusun RAB praktikum prodi dengan maksimum dana yang dibutuhkan adalah Rp. 10.000.000,00

29. Cek pangkat dan gelar dosen di BAD

Tugas bagi admin untuk mengecek pangkat dan gelar dosen di BAD. Bagi dosen yang sudah naik pangkat dan/atau ada penambahan gelar, nantinya harus diperbaharui kembali.

30. Kuliah umum UIN Suska Riau tanggal 20 Februari 2023

Dalam rangka menyambut semester baru, sudah menjadi rutinitas di UIN Suska Riau untuk melaksanakan kuliah umum. Pada semester genap ini, kuliah umum akan dilaksanakan pada hari Senin, 20 Februari 2023.

31. Kuliah umum di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau berlangsung pada Rabu, 23 Februari 2023

Dalam rangka menyambut semester baru, demikian halnya juga di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) juga melaksanakan kuliah umum. Pada semester genap ini, kuliah umum akan dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Februari 2023.

32. Surat panggilan prodi serta rapat dosen tanggal 15 Februari 2023

Mengawali semester baru, FTK mengadakan rapat dosen di Aula Lantai 3 FTK UIN Suska sekaligus pembagian surat panggilan dosen dari masing-masing prodi.

33. Tugas Admin Prodi

Adapun tugas bagi admin prodi diantaranya:

a. Update data base dosen, tendik dan mahasiswa

b. Rekap jumlah mahasiswa aktif per angkatan

c. Membuat daftar nama dan no. handphone mahasiswa semester 10, 12 dan 14.

d. Data IPK mahasiswa

e. Cek Turnitin proposal dan skripsi mahasiswaa yang akan ujian

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

DOSEN PIAUD TAJA PENGABDIAN MASYARAKAT SEKOLAH RAMAH ANAK

Hotel Ayola, 25 Oktober 2023, salah satu tugas dosen yang mesi dilaksanakan adalah pengabdian kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *