MERIAHKAN HAB KEMENAG KE 77, MAHASISWA PIAUD UIN SUSKA PAMERKAN POSTER ILMIAH

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-77 dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat”, UIN Suska Riau menggelar serangkaian kegiatan lomba, salah satunya adalah lomba Karya Ilmiah Poster plus Produk. Acara ini dilaksanakan di lobby Rektorat UIN Suska Riau  selama 2 hari, Senin- Selasa (02-03  Januari 2023). Tak mau kehilangan moment berharga, mahasiswa PIAUD turut menampilkan karyanya.

 

Tampilan dari mahasiswa PIAUD ini mendapat perhatian dan apresiasi dari dewan juri dan rektor UIN Suska Riau dan juga para pengunjung. Mahasiswa PIAUD menampilkan produk rancangan tentang pengembangan media pembelajaran “Busy Book” untuk mengembangkan bahasa anak usia dini, hasil karya Nadia dan kawan-kawan.

Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan salah satu aspek perkembangan yang perlu diperhatikan. Berbagai metode dan media pembelajaran dapat digunakan guna merangsang perkembangan bahasa anak usia dini, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran Busy Book. Busy Book adalah sebuah media pembelajaran interaktif terbuat dari kain yang dibentuk menjadi sebuah buku dengan warna-warna cerah, berisi aktivitas permainan sederhana yang mampu merangsang aspek perkembangan anak usia 6 bulan sampai pra sekolah.

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa Busy Book sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan aspek bahasa pada anak usia dini. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut: Ahli materi 86% (sangat valid), Ahli media 94% (sangat valid), penilaian uji coba oleh guru 88% (sangat valid). Untuk perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok bermain bisa dinyatakan berkembang karena anak mampu berbicara menggunakan kalimat yang terdiri dari 3-6 kata dengan ekspresi,  berpartisipasi dalam percakapan, anak mampu melakukan 3-5 perintah sekaligus, serta mampu bercerita tentang keseharian anak. (Richa Fajrisa)

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Alhamdulillah! Tahniah PIAUD Raih 3 Kejuaraan Sekaligus dalam Hari Amal Bakti Kemenag Ke-77

Sehubungan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023/2024, seluruh Civitas Akademika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
25 − 24 =