KREATIF DAN INOVATIF, MAHASISWA PIAUD KEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MELALUI MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Media pembelajaran bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting karena telah terbukti efektif dalam keberlangsungan proses belajar mengajar. Melalui media pembelajaran, memudahkan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga lebih interaktif dan anak didik tidak merasa bosan saat proses belajar mengajar. Untuk itu, guru PAUD diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran lebih berkualitas serta memudahkan guru mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak.

Sebagai Program Studi yang melahirkan calon guru Pendidikan Anak Usia Dini, Prodi PIAUD UIN Suska Riau menyediakan mata kuliah Media Pembelajaran yang merupakan mata kuliah keahlian dengan harapan dapat membekali mahasiswa sebagai calon pendidik/guru agar memiliki wawasan ilmu pendidikan yang baik dan sesuai dengan KKNI, terkhusus dalam pembuatan/mencipta media pembelajaran, mengingat bahwa “mencipta (create)” merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill / HOTS). HOTS meliputi kemampuan menganalisa, mengevaluasi dan menciptakan sehingga mendorong mahasiswa untuk memiliki kemampuan berfikir kritis.

Pada mata kuliah yang diampu oleh Bunda Dr. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag ini, mahasiswa diajak untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam pembuatan media pembelajaran serta mengembangkan sumber belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini. Selain itu, melalui bimbingan oleh asisten dosen, Bunda Ruliana Fajriati, M.Pd, mahasiswi juga dikenalkan dengan media pembelajaran Digital, yakni animasi 3D berbasis AR (Augmented Reality) yang dapat diakses melalui aplikasi di android. Jenis-jenis media yang dikembangkan mahasiswa, yaitu Alat Permainan Edukatif (APE), media grafis, media model, dan media audio-visual.

Proses perkuliahan dilaksanakan dengan diskusi dan presentasi makalah mengenai materi media dan sumber belajar selama 100 menit, praktik peragaan dan diskusi media yang telah dibuat mahasiswa selama 50 menit.

“Mahasiswa-mahasiswi kelas IV C sangat aktif dan kreatif. Mereka mampu menciptakan media-media pembelajaran yang terkini seperti memanfaatkan aplikasi dan website di internet, memanfaatkan barang bekas, maupun benda-benda yang ada di sekitarnya”, tutur dosen pengampu mata kuliah tersebut.

Produk akhir dari mata kuliah ini yaitu media pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa dapat dimanfaatkan dan dipergunakan di lembaga PAUD. Dari wawancara beberapa mahasiswa PIAUD Semester IV kelas C, bahwa lembaga-lembaga PAUD menerima dengan baik mahasiswa PIAUD UIN SUSKA dalam praktik peragaan media pembelajaran.

Selain itu mahasiswa juga diminta untuk membuat laporan kegiatan berupa artikel jurnal, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam penulisan karya ilmiah. (Ruliana)

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Kuliah Dosen Tamu: Melejitkan Potensi Anak Usia Dini di Era Mondial Berbasis Neuroparenting

Senin, 25 Maret 2024, HMPS PIAUD UIN SUSKA Riau mengadakan Kuliah Dosen Tamu via zoom …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *