PIAUD UIN Suska dan STAI Diniyah Pekanbaru bersinergi dalam mewujudkan PIAUD Unggul: Mahasiswi-mahasiswi STAI Diniyah praktikkan  desain pembelajaran RA dalam video kreatif 

UIN Suska Riau dan STAI Diniyah Pekanbaru bagaikan saudara kandung dari keluarga bahagia PPIAUD (Perkumpulan PIAUD Indonesia). Di samping hanya berjarak beberapa kilometer, ketua instansi ini sudah sering terlibat dalam satu kegiatan. Dua instansi kebanggan Pekanbaru ini sebelumnya juga sudah mengikat janji suci untuk bekerja sama dalam mewujudkan Tri Dharma perguruan Tinggi. Salah satu bentuk perwujudan kerjasama tersebut adalah dengan kuliah dosen tamu. Perwakilan dari UIN Suska Riau di STAI Diniyah Putri adalah bunda Heldanita, M.Pd. sedangkan perwakilan STAI Diniyah di UIN Suska Riau adalah Bapak Trimono, M.Pd.

Melalui matakuliah Desain Pembelajaran RA, Bunda Heldanita berkenalan berinteraksi dan berbagi bersama mahasiswa semester 3 di PIAUD STAI Diniyah Putri. Kuliah dosen tamu ini dilaksanakan selama satu semester dengan perkuliahan daring dan luring. Mahasiswa di STAI Diniyah mayoritas adalah guru-guru RA yang berasal dari berbagai daerah di Riau. Materi yang diperdalam dalam desain pembelajaran RA adalah hakikat, strategi, media, evaluasi yang relevan dalam mendesain sebuah pembelajaran yang menarik, menyenangkan, penuh inovasi tentunya berbasis pada sains, teknologia, religious, art, dan matematik. Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa diantaranya mempelajari model dan strategi desain pembelajaran, mendesain media pembelajaran yang tepat, menyusun perangkat pembelajaran dan mempraktikkannya dengan bantuan teknologi. Yah, dengan pandemi memberikan peringatan besar untuk para guru-guru RA untuk lebih dekat lagi dengan teknologi. Jadi, selain sudah bisa mendesain perangkat pembelajaran, guru dituntut juga untuk bisa memberikan pembelajaran melalui media sosial berbasis digital. Dengan motivasi dan semangat yang positif, tantangan tersebut bisa dilewati oleh mahasiswi-mahasiswi PIAUD STAI Diniyah dengan membuktikan berhasil mendesain pembelajaran dengan menarik dan mendokumentasikannya dalam bentuk video. (Heldanita)

Video Praktik Desain Pembelajaran RA:
https://youtu.be/4q6Tifi8Ysg
https://youtu.be/mZUCquT2HMc
https://youtu.be/PyWjN7Lw4pw
https://youtu.be/KW1mqhThBkw
https://youtu.be/sz4mg1sQX60
https://youtube.com/watch?v=9t5D6yoRN3U&feature=share
https://youtu.be/mNaKj3wWONQ
https://youtu.be/9kCP8JLfcRQ
https://youtu.be/-TpWvTnitl8
https://youtu.be/EO_2HA_SdU4

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PIAUD UIN Suska Riau SALING BERBAGI KARYA

  (Malaysia, 13 September 2023), Sebelum keberangkatan tim ke Malaysia, delegasi PIAUD yaitu Bunda Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *