WEBINAR NASIONAL “PENGUATAN KOMPETENSI DOSEN MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BERBASIS RISET”

Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) Wilayah Sumatera menaja kegiatan Webinar Nasional “Penguatan Kompetensi Dosen melalui Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset” pada tanggal 19 Januari 2022. Kegiatan ini ditaja oleh Bidang 3 Pengabdian kepada Masyarakat, dengan tujuan untuk terus meng-update kompetensi dosen terhadap metode-metode penelitian dan pengabdian yang terus berkembang. Narasumber pada webinar ini terdiri dari Prof. Eka Sri Mulyani, M.A., Ph.D (Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh) dan Ali Iskandar Zulkarnain, M.Pd (Sekretaris LP2M IAIN Palangka Raya). Webinar dibuka dengan kata sambutan oleh Ketua PPIAUD Wilayah Sumatera dan juga selaku ketua Jurusan PIAUD UIN Suska Riau, Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag dan Ketuan Umum PPIAUD Indonesia, Dr. Sigit Purnama, M.Pd.

Narasumber pertama, Prof. Eka Sri Mulyani, M.A., Ph.D, mengangkat materi “Pengabdian Berbasis Penelitian” yang meliputi pentingnya melakukan pengabdian, peran Tri Dharma Perguruan Tinggi dan jenis penelitian dalam pengabdian. Jenis penelitian yang pertama dibahas adalah Participatory Action Research (PAR), yang terdiri dari Technical/Technical-Collaborative, Mutual-Collaborative, Enhancement Approcah, Participatory, Empowering, Experimental, Saling Belajar (co-learning), dan Collaborative. Selanjutnya, jenis penelitian kedua yaitu Community Based Research (CBR), yang mana cirinya relevan dengan masyarakat (Community Relevant), partisipasi-kolaboratif (Participatory-Colaborrative), dan berorientasi aksi (Action Oriented). Penelitian jenis ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi komunitas, menghubungkan ilmu, produksi pengetahuan dengan konteks di lapangan, dan kebutuhan masyarakat.

Narasumber yang kedua, Ali Iskandar Zulkarnain, M.Pd , mengangkat materi “Penguatan Kompetensi Dosen melalui Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset” yang berisi tentang tujuan dan kewajiban dosen, makna pengabdian kepada masyarakat, tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, serta bentuk pengabdian kepada masyarakat. Diantara bentuk pengabdian kepada masyarakat, yaitu program pendidikan masyrakat, pelayanan kepada masyarakat, bantuan aplikasi teknologi tepat guna di seluruh bidang, penerapan hasil penelitan, dan pengembangan kewirausahaan. Selanjutnya, beliau juga membahas beberapa metode pengabdian kepada masyarakat, diantaranya PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), SL (Service Learning), dan CBPR (Community Based Participatory Research).

Webinar ini dihadiri oleh para dosen PIAUD dari seluruh wilayah Indonesia yang berjumlah sekitar 127 orang. Pada saat sesi tanya jawab berlangsung, peserta yang hadir sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan, sehingga terjadi diskusi yang interaktif dan informatif serta menjawab rasa ingin tahu yang tinggi dari peserta yang hadir. Kegiatan webinar ini berakhir hingga pukul 11.00.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk membantu meningkatan kompetensi dosen, terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, para dosen diharapkan dapat bekerja sama secara kolaboratif untuk menghasilkan proposal pengabdian kepada masyarakat dan bisa melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan proposal yang dibuat, sehingga penelitian yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan luaran yang luas bagi masyarakat. (Titin Latifah)

 

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

MERIAHKAN HAB KEMENAG KE 77, MAHASISWA PIAUD UIN SUSKA PAMERKAN POSTER ILMIAH

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-77 dengan tema “Kerukunan Umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
42 ⁄ 21 =