WEBINAR NASIONAL – STRETEGI MENUJU AKREDITASI UNGGUL BAGI PROGRAM STUDI

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mengadakan webinar nasional dengan mengangkat tema Strategi Menuju Akreditasi Unggul bagi Program Studi dengan mengundang beberapa pembicara, di antaranya Dr. Euis Kurniati, M.Pd. yang menjabat sebagai asesor BAN-PT dan Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., merupakan ketua program studi pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Suska Riau. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 17 November 2021, melalui platform zoom meeting.

Kegiatan webinar nasional dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Ibu Dr. Hj. Fadlilah, M.Pd. menyampaikan besar harapan beliau dengan adanya webinar ini bisa memberikan wawasan-wawasan dan semangat yang baru untuk semua pihak terutama prodi PIAUD Jambi dalam meningkatkan mutu masing-masing.

Latar belakang dari kegiatan webinar ini yaitu tidak ada universitas tanpa fakultas, tidak ada fakultas tanpa program studi, akreditasi program studi akan berbanding lurus dengan akreditasi universitas. Tidak dipungkiri bahwasanya akreditasi tidak jauh dari penilaian kualitas dan mutu pada suatu lembaga. Akreditasi sangat penting sekali untuk keberlangsungan lembaga itu sendiri, salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan perguruan tinggi tersebut. Proses akreditasi perlu adanya perencanaan dan pelaksanaan yang matang.

Dr. Euis Kurniati, M.Pd., menyampaikan bahwa akreditasi bukan sesuatu yang muncul tiba-tiba, kita harus mendesainnya dan hal tersebut tidak bisa diperoleh dalam waktu seminggu dua minggu, tetapi hitungan waktunya bertahun-tahun untuk mewujudkan kualitas yang bagus. Selain itu juga dibutuhkan usaha yang kuat, dibutuhkan eksekusi serta arahan strategi untuk mencapainya dan kita butuh banyak cara untuk dapat memperoleh ini. Selain itu, akreditasi kata kunci yang sebenarnya atau inti dari akreditasi adalah bagaimana kita membuat sistem tersebut berjalan di prodi/perguruan tinggi kita, bagaimana budaya mutu itu day by day dilakukan, tidak hanya pada saat akhir akreditasi.

Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., juga menyampaikan indikator-indikator pencapaian dalam akreditasi yang unggul bagi prodi PIAUD, yang telah diraih PIAUD UIN Suska Riau. Penyiapan dokumen-dokumen. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan akreditasi adalah menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkam kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Keuntungan dari akreditasi ini yaitu semua yang terlibat merasa terpacu untuk meningkatkan kualitas program studi. Jika akreditasi ini tidak ada, maka bisa dibayangkan bagaimana kita terlena dengan kondisi-kondisi yang ada, tidak ada upaya untuk meningkatkan kualitas program studi kita. Akreditasi menjadi peran penting untuk menjaga dan menjamin kualitas.

Penulis: Nurazila Sari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Inspiring, Penelitian Nilai-nilai keislaman dalam Etnoparenting Penrek Tojang Suku Bugis dan Teknik Ecoprint pada anak usia dini membawa Syarifah Wilda Dwi Putri dan Yeti Afrita mahasiswa PIAUD UIN Suska Riau menyelesaikan studi S1 di semester 7

Kamis (12/01/2023), Dua mahasiswa kebanggan PIAUD UIN Suska Riau berhasil menyelesaikan studi S1nya di semester …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
24 ⁄ 8 =