Field Study Magister Piaud Uin Yogya 2021 di PIAUD UIN SUSKA RIAU

Triluyan kilometer jarak antara Riau dan Yogyakarta bukanlah penghalang untuk menciptakan sebuah kolaborasi yang luar biasa. SUSKA dan SUKA terasa semakin terikat satu sama lain, bak anak yang merindukan orang tua dan bak adik yang sedang datang mengunjungi kakaknya. Ya, Kali ini kolaborasi terjadi antara PIAUD UIN SUSKA RIAU dengan Magister PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam bentuk kegiatan Field Study/PPL bagi mahasiswa magister PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.  PIAUD UIN Sunan Kalijaga sudah banyak sekali mengadakan kerja sama dengan universitas di dalam maupun luar negeri untuk pelaksanaan field study. Namun kali ini, PIAUD UIN Suska Riau mendapat sebuah kehormatan menjadi tuan rumah pelaksanaan field study, diantaranya S1 PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, STPI Bina Insan Utama Yogyakarta, Universiti of Malaya.

Pada 22 Maret 2021 menjadi awal penerjunan/penyerahan mahasiswa magister piaud uin sunan kalijaga yogyakarta ke S1 PIAUD UIN Suska Riau. Kegiatan penyerahan ini dihadiri oleh Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni Bunda Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd., Sekretaris Prodi PIAUD Magister UIN Sunan Kalijaga sekaligus DPL mahasiswa yakni bunda Dr. Naimah, M.Hum. Hadir juga Kepala laboratorium pendidikan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta yakni Dr. Sabarudin, M.Si. Dari Pihak PIAUD UIN SUSKA RIAU hadir pula Dekan beserta para wakil dekan FTK UIN Suska Riau. Kemudian dari prodi hadir ibu ketua jurusan dan sekretaris jurusan bunda Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag. dan bunda Fatimah Depi Susanty H, M.A. Kemudian para dosen pamong dan mahasiswa field study. Setelah hari itu, kegiatan field study sudah resmi dimulai, mahasiswa terlibat di berbagai kegiatan prodi PIAUD UIN Suska Riau baik itu observasi kegiatan pembelajaran bersama dosen pamong masing-masing, kegiaatan administrasi prodi, kegiatan Semarak Ramadhan Mubarak (SRM) dan melaksanakan miniriset sebagai bagian dari penilaian akhir jg.

Setelah lebih kurang tiga bulan, mahasiswa juga sudah melaksanakan evaluasi bersama koordinator prodi dan dosen pamong masing-masing pada  Jum’at, 28 Mei 2021 diadakanlah kegiatan penyerahan Mahasiswa field Study Magister PIAUD Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan adalah kegiatan yang dilakukan oleh PIAUD Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan berkolaborasi bersama PIAUD Uin Suska Riau bertujuan untuk menyiapkan mahasiswi magister agar bisa langsung mengamati bagamaina proses pembelajaran, menjadi pendidik yang selalu siap dalam kondisi apapun, menjadi pendidik yang bertangung jawab, menjadi pendidik yang bisa membuat proses pemebelajaran yang efektif dan kegiatan ini juga dapat membuat mahasiswi PIAUD magister langsung memperaktekan menjadi pendidik yang baik.

Kegiatan penyeran mahasiswa field study magister ini dihadiri langsung oleh dekan dan berserta jajaran, ketua jurusan berserta jajaran, dosen pamong, mahasiswa PIAUD Magister dan laboratorium pendidikan UIN sunan kalijaga dan UIN Suska Riau. Kegiatan field Study ini dilakukan selama 2 bulan dengan berbagai matakuliah dan didampingin langsung oleh dosen matakuliah yang menjadi dosen pamong. Kegiatan field study magister ini terdiri dari 8 orang mahasiwa yang memiliki peranan dan tugas masing masing, mahasiwi magister ini bukannya mengikutin kegiatan proses pembelajaran saja tetapi juga mengikuti kegiatan yang ada di PIAUD Uin Suska Riau seperti kegiatan semarak ramadhan mubarak.

Kegiatan penyeran mahasiswi Field study magister ini di pimpin langsung dosen PIAUD Uin Suska Riau yakni ibu Heldanita, M.Pd dan saat kegiatan berlangsung diberikan kesempatan juga kepada seluruh dosen pamong  untuk menyampaikan apa saja yang terjadi saat field study, kesimpulan yang dapat diambil dari dosen pamong adalah mahasiswi magister PIAUD ini sangat membantu proses pembelajaran pembelajaran berlangsung, setelah itu mahasiwa magister juga mempunyai banyak informasi jadi dapat memberikan informasi yang baru bagi dosen pamong atau adik-adik yang diajarkan. Untuk kegiatan jangka panjang, PIAUD UIN Suska Riau dan Magister PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan melaksanakan penandatanganan MOU Kerjasama dan kegiatan-kegiatan kolaborasi lainnya seperti Visiting Lecturer, Collaboration Seminar dan Student exhange.

“Field Study memberikan pelajaran,  menghasilkan pengalaman dan menyisakan kenangan”

Penulis: Tri Kumala Dewi
Dokumentasi:Nurkamelia Mukhtar AH
Editor:Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

MERIAHKAN HAB KEMENAG KE 77, MAHASISWA PIAUD UIN SUSKA PAMERKAN POSTER ILMIAH

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-77 dengan tema “Kerukunan Umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
40 ⁄ 20 =