ALUMNI PIAUD UIN SUSKA RIAU BERBAGI “TIPS SUKSES BERKARIR SEBAGAI PENDIDIK ANAK USIA DINI”

Alumni berbagi  dengan topik “tips sukses berkarir sebagai pendidik anak usia dini” yang di laksanakan  pada hari juma’at, 02 April 2021, Pukul 14.00-s.d 17.00 WIB yang di selenggarakan melalui via zoom meeting. Kegiatan ini dimulai dari MC Nurazila Sari, S.Pd., yang merupakan salah satu alumni PIAUD FTK UIN SUSKA Riau angkatan 2016, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu alumni PIAUD angkatan 2017, kata sambutan oleh ketua Ikatan Alumni PIAUD FTK UIN SUSKA Riau yang merupakan alumni angkatan 2014 kak R. Wardathi Khuzaifah Risman, S.Pd., dilanjutkan kata samutan oleh kak Utia Virli Susanti, M.Pd., yang menjadi ketua pelaksana serta merupakan alumni angkatan 2014. Selanjutnya kata sambutan oleh ketua jurusan PIAUD UIN SUSKA Riau Ibu Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag. yang sangat mengapresiasi acara Alumni Berbagi – Sharing bersama Alumni dan dimoderatori  oleh Kak Utia Virli Susanti, M.Pd.

Kegiatan Alumni Berbagi – Sharing bersama Alumni ini diisi oleh pamateri 1, ibu Dr. Amirah Diniyati, M.Pd.Kons. beliau merupkan dosen tetap UIN SUSKA RIAU. Yang tak kalah penting dalam acara tersebut juga diisi oleh para alumni jurusan PIAUD UIN SUSKA RIAU dari angkatan 2014, 2015 sampai dengan 2016 yang  pengalaman dalam menekuni bidang pendidikan PIAUD, yang diantaranya adalah R.Wardathi Khuzaifa Risman S.Pd. yang sekarang mengajar di daerahnya, sebagai guru piaud dan membuka bimbingan les belajar, beliau juga sebagai lulusan terbaik di jurusan PIAUD dengan predikat cumlaude, dari angkatan 15 ada kak Ruliana Fajriati, S.Pd. yang baru menyelesaikan study S2 di UIN SUKA Yogyakarta, dan juga sebagai calon dosen di UIN Suska Riau. Dan dari angkatan 16, Erlina S.Pd. yang mana beliau juga sudah menjadi kepala sekolah di salah satu TK swasta di pekanbaru dan juga sebagai ketua dari organisasi piaud di daerahnya sekaligus pembicara kurikulum K13 di dareahnya. Beliau juga lulusan terbaik di jurusan PIAUD UIN SUSKA RIAU dengan predikat cumlaude.

Selama keberlangsungan acara tersebut yang hampir selama tiga jam dengan tema yang sangat menarik bagi meningkatkan motivasi siswa di jurusan PIAUD yang di mana ibu Dr. Amirah sebagai pemateri satu menyampaikan bahwa “tips sukses berkarir sebagai pendidik anak usia dini” mampu bersaing di dalam bidangnya dan bagaimana cara kita sukses? Sukses tidak hanya kita bekerja saja namun bagaimana kita bisa mengusasi seluk beluk di bidang tersebut menekuni dan memenuhi kewajiban dari setiap perjalan kita sebagai pendidik anak usia dini. Setiap perkembangan dengan sifatnya dinamis dan juga banyak bersentuhan langsung dengan pendidik anak usia dini, kualitas kehidupan kita terdiri dari 12% di tentukan apa yang terjadi pada diri kita dan 88% ditentukan dari sebuah probelmatika yang sangat esensial, bagaimana kita menanggapi sebuah kejadian-kejadian yang kita jumpai dalam hidup.

Tantangan guru pendidik pada zaman Z ini atau disebut juga zaman kontenporer yang dimana kecanggihan teknologi internet Generation, digital Natives screentters dan Zeds. Dari berbagai persoalan yang kita hadapi pada zaman sekarang anak membutuhkan support system dari lingkungannya baik itu dari orang tua maupun keluarga dan juga gurunya di sekolah. Sebuah riset mengatakan bahwa anak yang memiliki potensi akademis jika tidak distimulus dan didukung oleh orang terdekatnya potensi anak akan lumpuh dan berbanding terbalik dengan anak yang tidak memiliki kemampuan akademis yang awalnya biasa saja akan berubah menjadi luar biasa berkat support system yang kuat dari lingkungan yang dimiliki anak, guru yang hebat adalah guru yang mampu memahami setiap kondisi anak, mengikuti perkembangan zaman dengan pembaruan gaya belajar, dan guru yang sukses dalah guru yang mampu mengajar dengan konsisten dan ikhlas dalam setiap aktivitas yang dilakukannya. Dan dari pembicara alumni juga mengutarakan pengalamanya  bahwa guru yang sukses dalam bidang pendidikan anak usia dini guru yang mampu merubah pola pikir orang tua terhadap penerapan calistung dalam suatu lembaga dan juga guru yang mampu membawa perubahan didalam dunia pendidikan anak menjadi pemimpin sebagai generasi muda mengingat sebagian besar di Indonesia dan di daerah Riau khsusnya guru piaud adalah tamatan SMA, dengan ini bagi calon pendidik yang baru Erlina mengatakan ambil  perubahan jangan takut mengambil keputusan hadapi setiap masalah jadikan pengalaman dan juga ikhlas dalam mengajar tidak asal masuk kelas tetapi menguasai setiap suasana kelas. Hadapilah masa depan dengan tangguh, percaya diri, dan tanpa rasa takut (Longfelow,1807-1882).

 

 

Penulis: Indah Sri Anggita
Dokumentasi: Nurazila Sari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

MERIAHKAN HAB KEMENAG KE 77, MAHASISWA PIAUD UIN SUSKA PAMERKAN POSTER ILMIAH

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-77 dengan tema “Kerukunan Umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
11 + 2 =