PELATIHAN STORY TELLING (Berkisah pada Anak) BERSAMA BUNDA NURKAMELIA

Sabtu, 27 Februari 2021, Berlangsung kegiatan Pelatihan Guru yang ditaja oleh Yayasan Rabithathu Ulum di Aula Rabithathul Ulum Pekanbaru. Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan mengembangkan kompetensi para guru. Salah satunya adalah Kompetensi Profesional.

Pelatihan Guru  di Yayasan ini mengangkat Tema “Be a Fantastic Teacher”  menghadirkan 3 Narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Narasumber pertama adalah Pendiri Yayasan Rabithathul Ulum sekaligus salah satu pengajar di Fakultas Dakwah UIN Suska Riau. Drs. H. Syahril Romli, M.Ag., yang saat ini menjalani program studi S3, beliau memaparkan tentang pembelajaran PAIKEM. Pentingnya pembelajaran yang Aktif, Kreatif dan Menyenangkan.

Materi yang disampaikan oleh narasumber pertama memiliki keterkaitan dengan materi yang disampaikan oleh narasumber ke dua. Di sini, bunda Nurkamelia Mukhtar AH, M.Pd. Adalah salah satu dosen dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, dengan bidang keahliannya Pendekatan dan Model Pembelajaran Anak Usia DIni. Beliau mengangkat tema tentang Storry Telling (Berkisah pada Anak). Beliau menegaskan bahwa pendidikan pada anak usia dini di mulai dari usia 0-8 tahun. Sehingga kegiatan bercerita atau kegiatan storry telling sangat bisa dan cocok sekali apabila diterapkan pada ranah PAUD, SD/MDA dan MTs.

Bukan saja teknik bercerita secara teori yang dijabarkan oleh Bunda Nurkamelia, di sini beliau juga memperagakan bagaimana intonasi suara, mimik wajah, ekspresi serta sikap dan posisi tubuh yang baik dan benar saat memperagakan Kisah-kisah atau cerita. Hal penting lainnya, setiap kisah yang disampaikan haruslah berdasarkan sumber yang jelas, yaitu Al-Qur’an dan Hadist. Karena 2/3 dari isi Al-Qur’an adalah berkenaan tentang kisah-kisah Nabi dan Rasul.

Storry telling pada pelatihan ini  memperhatikan berbagai unsur-unsur penting yaitu unsur fikir, unsur zikir dan unsur amal. Seperti tujuan pembelajaran dan tema-tema yang dibuat harus  sesuai dengan tingkatan  usia anak. Tema cerita harus mengundang perhatian anak, serta menanamkan nilai-nilai karakter, memberikan pengalaman beajar yang unik dan menarik serta mengembangkan 6 aspek perkembangan pada AUD.

Kegiatan berlangsung dengan penuh antusiasme dari para peserta. Terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan oleh para peserta saat menanggapi pemateri. Kegiatan diakhiri dengan Game menggambar, dipandu oleh Narasumber ke 3 Raspan Hamdi, M.Psi., Psikolog untuk melatih kekompakan dan solidaritas para guru di Yayasan Rabithathul Ulum. Sesi Foto bersama 3 pemateri dan pemilik Yayasan serta Ketua LPPI Rabithathul Ulum. Pemberian kenang-kenangan kepada Pemateri dan penetapan peserta terbaik selama mengikuti pelatihan guru.

 

Sumber : Nurkamelia Mukhtar AH,

Editor    : Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Alhamdulillah! Tahniah PIAUD Raih 3 Kejuaraan Sekaligus dalam Hari Amal Bakti Kemenag Ke-77

Sehubungan dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023/2024, seluruh Civitas Akademika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
9 × 22 =