KAJUR PIAUD UIN SUSKA RIAU ON INTERNATIONAL WEBINAR OF STAI MA’ARIF ISLAMIC EDUCATION Jambi

Kegiatan international webinar prodi PIAUD STAI Ma’arif Jambi  dengan tema “Collaboration of teacher and parents in online learning in the covid 19” dilaksanakan pada senin, 2 november 2020 pkl. 13.00- 16.00 WIB via zoom meeting. Kegiatan dibuka oleh ketua STAI Ma’arif Jambi yakni H. Amran Nasution, M.A., Ph.D. dan dilanjutkan sambutan oleh ketua prodi PIAUD yakni Indrawati, M.Pd.I. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Hamidah binti sulaiman dari Universiti Malaya Kuala Lumpur, Assoc. Prof. Dr. Mohammad saad shehata dari UFE (The French university) Egypt, Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd. (Ketua PPS PIAUD Indonesia-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag. (Ketua PPS PIAUD wilayah Sumatera). Kegiatan ini dimoderatori oleh Faisal Ahmadi, M.CL.

Dalam penyampaiannya, bunda Nurhasanah menjelaskan bahwasanya pandemi sudah mengajarkan sikap berserah diri kepada Allah SWT itu penting (surrender to God). Pandemic mengajarkan bagaimana semestinya manusia bersyukur atas nikmat hidup setiap harinya yang sudah diberikan Tuhan. Dari sekelumit rasa takut (afraid), stres (stress), dan cemas (anxious), namun ada kolaborasi yang lebih intens yang tercipta dari situasi ini yakni kolaborasi orangtua dan guru. Orangtua dan guru bisa setiap waktu mendiskusikan bagaimana perkembangan karakter anak, bagaimana peraturan sekolah, bagaimana ekspektasi orangtua, dan kesulitan belajar anak. Dari pengalaman online learning ini, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan yakni pertama,  beri anak dukungan bukan menyalahkan, kedua, tingkatkan solidaritas dan empati antar sesame, ketiga, hindari berpikir negative, keempat, jangan menjanjikan hal yang tidak mungkin untuk ditepati. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama.

Penulis: Heldanita
Dokumentasi: Nurhasanah Bakhtiar

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PRODI PIAUD UIN SUSKA GANDENG Dr. SUKMA ERNI GELAR FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) UNTUK PENGUATAN METODOLOGI RISET DAN PENYAMAAN PERSEPSI BAGI DOSEN PENGUJI TUGAS AKHIR MAHASISWA

Pekanbaru (Jumat, 4 Agustus 2023) telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Penguatan Metodologi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *