KULIAH UMUM PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI 2020

Mengawali hari jumat yang barakah diakhir bulan Oktober bertepatan dengan awal bulan Rabiaul awal, program studi pendidikan islam anak usia dini UIN Suska Riau melaksanakan kuliah umum yang begitu memantik semangat khusus nya para  insan pengemban ilmu. Tema pembahasan yang luarbiasa menambah semangat dan rasa keingintahuan para akademisi dan pendidik anak yang berkesempatan hadir pada Zoom Cloud Meeting acara pelaksanaan kuliah umum tersebut. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 08.00-11.00 WIB tersebut dimulai dengan pembukaan oleh MC Dosen PIAUD UIN Suska Riau Ibu Nurkamelia Mukhtar. AH,M.Pd dengan susunan acara pertama pembacaan kalammullah oleh mahasiswi PIAUD UIN Suska Riau Adinda Wilda Amalia dan dilanjutkan doa oleh Dr. Zuhairansyah Arifin, M. Ag.  Melalui  tilawah Qur’an dan doa ini diharapkan keridhoan Ilahi rabbi atas kelancaran jalannya  kuliah umum pendidikan islam anak usia dini 2020 yang ditaja oleh Piaud Uin suska Riau.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Ibu Kaprodi Uin Suska Riau Ibu Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag. beliau  mengakhiri kata sambutan dengan pantun mengharapkan kebermanfaatan pada kuliah umum yang dilaksanakan pada Jumat,30 Oktober 2020 ini. Selanjutnya kata sambutan yang tak ketinggalan disampaikan pula oleh Dekan FTK Uin Suska Riau Dr.H.Muhammad Syaifuddin,S.Ag,M.Ag. sekaligus membuka secara resmi acara kuliah umum pendidikan islam anak usia dini 2020. Tema yang menarik sekaligus penting dalam konteks pembelajaran pada anak, menjadikan kuliah umum ini patut untuk diikuti khususnya bagi para dan calon pendidik anak. Semangat menuntut ilmu yang terlihat dari wajah-wajah peserta kuliah umum membuktikan antusias dan respon yang baik pada kuliah umum ini.

Proses jalannya kuliah umum ini dipandu oleh Moderator Dosen Piaud Uin Suska Riau Ibu Nurhayati,S.PdI.,M.Pd. tak butuh waktu lama Moderator meminta seluruh peserta kuliah umum menyambut narasumber yang luarbiasa pada kuliah umum kali ini yakni Bunda Fauziah Fauzan El-M,SE.Akt,M.Si. bunda zizi begitu akrabnya merupakan Pimpinan Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang sekaligus Direktur Diniyyah Training Centre dan beliau merupakan konsultan School Of  Teacher Diniyyah Puteri. Menjadi narasumber pada kuliah umum yang ditaja Piaud Uin Suska Riau, Bunda zizi memberikan pemaparan menaraik sekaligus memperkaya wawasan para pendidik anak khususnya dalam konteks neurosains dalam pendidikan anak usia dini.

Selama proses pemaparan materi terkait neurosains dalam pendidikan anak usia dini, narasumber memberikan pemahaman yang baru dan tentunya menarik untuk dipelajari. Memaparkan sejumlah materi terkait sistem saraf  atau sistem neuron yang merupakan pusat koordinator bagi sistem kerja dan berpikir pada manusia. Segala proses kegiatan dan respon terhadap sesuatu merupakan kerja dari sistem saraf manusia, dan itu semua dilatih dan dipelajari sejak usia dini. inilah kira-kira inti dari pembahasan narasumber pada kuliah umum yang dilaksanakan pada media zoom meeting tersebut. Dengan mengaitkan beberapa contoh peristiwa problem pada sistem neuron pada anak yang berkenaan dengan fakta yang terjadi umumnya pada anak, menambah pemahaman yang matang bagi peserta kuliah umum.

Memandang tema ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, tentu tak ingin melewatkan  sesi tanya jawab langsung kepada narasumber dengan materi yang luarbiasa ini, moderator mengintruksikan peserta kuliah umum untuk mengajukan pertanyaan pada kolom komentar zoom meeting. sejumlah pertanyaan pun dijawab oleh narasumber. Berlangsungnya kuliah umum kali ini memberikan pengetahuan dan semangat baru tentunya bagi para pendidik dan calon pendidik anak dimasa mendatang agar mencetak generasi penerus bangsa dan agama dengan sebaik-baiknya.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab, maka kegiatan produktif  ini pun diakhiri dengan closing statement oleh Wakil Dekan I FTK UIN Suska Riau dan Kaprodi PIAUD Uin Suska Riau, dengan harapan yang besar atas kuliah umum ini serta berharap ada ilmu yang bermanfaat yang didapatkan. Tentu segala harapan dan cita-cita bersama menjadikan generasi penerus bangsa yang berkualitas dengan akhlak Qur’ani dan berilmu pengetahuan yang baik sesuai tuntunan ajaran agama Islam. Semoga kedepannya semakin bermunculan kegiatan produktif  dengan tema-tema luarbiasa yang terus membangun karakter dan memperkaya ilmu pengetahuan kita bersama seperti kuliah umum yang ditaja oleh PIAUD Uin Suska Riau ini.

Penulis: Iis Aisyah Sholihat

Dokumentasi: Nurkamelia Mukhtar AH

Editor: Heldanita

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PIAUD UIN Suska Riau SALING BERBAGI KARYA

  (Malaysia, 13 September 2023), Sebelum keberangkatan tim ke Malaysia, delegasi PIAUD yaitu Bunda Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *