• Sukseskan Kindergarten Journal, Dosen PIAUD Ikuti workshop persiapan akreditasi SINTA

    Sukseskan Kindergarten Journal, Dosen PIAUD Ikuti workshop persiapan akreditasi SINTA

Sukseskan Kindergarten Journal, Dosen PIAUD Ikuti workshop persiapan akreditasi SINTA

Workshop persiapan terakreditasi SINTA yang ditaja oleh LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif  Kasim Riau tahun 2020 telah dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 21-22 Februari 2020 di Hotel Grand Suka Jl. Soekarno-Hatta Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membimbing jurnal-jurnal yang ada di lingkungan UIN Suska Riau dalam proses pengajuan akreditasi ataupun peningkatan kualitas masing-masing jurnal.

Pembukaan Workshop ketua LPPM yang diwakili oleh Dr. Alwis Nazir, M.Kom dan selanjutnya kata sambutan oleh bapak Dr. Hasbullah, M.Si

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yakni 21-22 Februari 2020 dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Hari pertama, kegiatan ini dibuka oleh ketua LPPM yang diwakili oleh Dr. Alwis Nazir, M.Kom dan selanjutnya kata sambutan oleh bapak Dr. Hasbullah, M.Si. Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi “Tata Kelola Jurnal Ilmiah: Manajemen Naskah dan Setting DOI ”oleh bapak Alexsander Yandra. Beliau merupakan Ketua Pengurus Daerah RJI Riau, Managing Editor Journal of Election and Leadership (JOELS), Section Editor Jurnal Dinamisia, Editor Jurnal NIARA dan Reviewer Jurnal. Selain itu beliau juga merupakan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Riau dan Cyrus Networks (Konsultan Politik). Beliau menyatakan bahwa hal yang penting dalam penerbitan jurnal online adalah bagaimana proses penerbitan artikelnya. Artikel yang sudah disubmit oleh author hendaknya memang discreening kemudian direview dan edit oleh editor dan reviewer sesuai prosedur yang sudah ada. Sesi kedua di hari yang sama dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh bapak Mohammad Fauziddin. Beliau adalah Editor In Chief dari jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Selain itu beliau adalah ketua Prodi PG-PAUD di FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Bangkinang Kota, Kampar, Riau. Beliau juga adalah ketua PPJ (Perkumpulan Pengelola Jurnal) PAUD Indonesia dan beliau juga bagian dari RJI (Relawan Jurnal Indonesia). Beliau banyak memberikan wawasan mengenai indeksasi jurnal.

Sesi workshop

Hari berikutnya, materi disampaikan oleh bapak Dr. Parmin. Beliau adalah editor In Chief di Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Indonesian Journal Of Science Education. Jurnal ini sudah terindeks Scopus dan Terkreditasi Peringkat 1 SINTA (Science and Technology Index). Selain itu, beliau juga merupakan Wakil Dekan bidang kemahasiswaan di FMIPA UNNES (Universitas Semarang). Materi yang beliau sampaikan adalah mengenai “Strategi penyiapan jurnal untuk akreditasi, kenaikan tingkat di SINTA dan menjadi bereputasi Internasional”. Beliau membagi topik ini menjadi tiga sesi yakni, informasi kebijakan akreditasi jurnal, tata kelola jurnal yang terakreditasi Nasional dan klinik manuskrip untuk publikasi jurnal terindeks Scopus. Hemat beliau, mengelola jurnal merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan produktif. Alasannya, dengan mengelola jurnal dapat memberikan manfaat yang banyak dalam terpenuhinya persyaratan jabatan tertentu bagi seseorang. Selain itu, dengan mengelola jurnal sangat banyak memberikan keterampilan bagi si pengelola baik dalam ilmu tata kelola maupun terhadap khasanah keilmuan pribadi. Dalam penyajian materinya, Pak Parmin banyak sekali memberikan trik dan tips dalam menembus jurnal bereputasi Internasional. Selain itu, diadakan juga simulasi akreditasi jurnal karena beliau merupakan salah seorang dari Assesor jurnal.

Peserta workshop bersama Narasumber Alexsander Yandra, Managing Editor Journal of Election and Leadership (JOELS)

Peserta workshop kali ini terdiri dari para pengelola jurnal di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau diantaranya ada 39 Jurnal dari 8 Fakultas yakni An-Nida’, Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Jurnal Peternakan, Ekletik: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahan, Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat, Al-Uswah: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Menara, Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi, Asia-Pacifik Journal On Religion And Society, KOMUNIKASIANA: Journal Of Communication Studies, Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, Jurnal Al-Iqtishad, IJIEM, Konfigurasi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Journal Of Education And Teaching, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Bidang Teknik Industry, Instructional Development Journal, Kutubkhanah, Indonesian Journal Of Artificial Intelligence And Data Mining, Nusantara Journal For Southeast Asian Islamic Studies, Islamic Business And Finance, Statistika dan Aplikasinya, Informasi, Psikobuletin: Bulletin Ilmiah Psikologi, IJIELT: Indonesian Journal Of Integrated English Language Teaching, Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, Jurnal El-Riyasah, The Journal Of Taxation: Tax Center, Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, Journal Of Humanities Issues, Al-Manar English And Arabic Journal, Bulletin Ma’had, Jurnal Annur. Jurnal Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhoood Education pada kesempatan ini diwakili langsung oleh Editor In Chief yakni bapak Dr. Zuhairansyah, M.Ag., dan Ibu Heldanita, M.Pd. sebagai perwakilan editor.

Peserta Workshop bersama narasumber Dr. Parmin, editor In Chief di Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Indonesian Journal Of Science Education

 

Editor: Heldanita, M.Pd.

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PIAUD UIN Suska Riau SALING BERBAGI KARYA

  (Malaysia, 13 September 2023), Sebelum keberangkatan tim ke Malaysia, delegasi PIAUD yaitu Bunda Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *