Pecah Telur!! Akhirnya Pendidikan Islam Anak Usia Dini Berhasil Mengutus Delegasi Mahasiswa Mengikuti KKN Nasional

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kewajiban mahasiswa dalam mengamalkan Tri Dharma Penguruan Tinggi, yaitu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN ini di bawah naungan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Program KKN dibagi menjadi 2, yakni KKN Reguler dan KKN Nasional. Melalui Surat Edaran No. Un.04/F.II/PP.06/6036/2022 yang dikeluarkan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau pada 17 Mei 2022, pendaftaran calon peserta KKN Nasional resmi dibuka.

Pendaftaran KKN Nasional yang dibagi menjadi 4 kategori, yaitu KKN Melayu Serumpun yang dilaksanakan di Aceh, KKN Kebangsaan dan KKN Bersama yang dilaksanakan di Palangkaraya, serta KKN Nusantara (Moderasi Beragama) yang dilaksakan di Papua. Untuk dapat mengikuti KKN tersebut, mahasiswa diseleksi mulai dari tingkat fakultas hingga diseleksi oleh pihak LPPM.

Seleksi awal dilaksanakan pada tingkat fakultas melalui 2 tahap, yakni tahap seleksi administrasi dan tahap seleksi wawancara. Pada Jumat, 20 Juni 2022, diumumkan pengumuman hasil seleksi administrasi. Apapun nama-nama peserta yang lulus tahap seleksi sebagai berikut:

Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran Calon Peserta Mahasiswa KKN Nusantara, Kebangsaan, Bersama dan Melayu Serumpun

Alhamdulillah, salah satu mahasiswa PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini), yakni Novia Putri Wulandari, lulus pada tahap seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya, yakni seleksi administrasi yang dibagi menjadi 2 kategori, yakni tes wawasan keislaman dan tes wawasan kebangsaan, setelah selesai proses seleksi wawancara.

Nama Calon Peserta KKN Nusantara, Kebangsaan, Bersama dan Melayu Serumpun Perwakilan FTK

Selanjutnya, pada Rabu, 24 Mei 2022, hasil seleksi melalui tes wawancara diumumkan dan alhamdulillah Novia Putri Wulandari, delegasi PIAUD, masuk ke tahap selanjutnya, yakni tes wawancara yang akan bersiap untuk berjuang berkompetisi bersama 26 mahasiswa yang berasal dari 8 fakultas di UIN Suska Riau. Tes selanjutnya dilaksanakan di LPPM. Dari 26 mahasiswa tersebut, nantinya akan dipilih mahasiswa yang akan menjadi delegasi pada masing-masing kategori KKN Nasional.

Daftar Calon Peserta KKN Kebangsaan, Bersama, Melayu Serumpun, dan Nusantara Tahun 2022

Pada Sabtu, 30 Mei 2022, diadakan seleksi delegasi yang lulus dari masing-masing fakultas untuk melakukan tes wawancara yang dibagi menjadi 4 kategori: (1) Keislaman, (2) Wawasan kebangsaan, (3) Akacemik, dan (4) Non akademik. Alhamdulillah tes wawancara selesai dan pada Jumat, 03 Juni 2022, diumumkan hasil wawancara delegasi mahasiswa yang mengikuti KKN Nasional. Dari 26 calon peserta KKN Nasional, terpilihlah 19 delegasi, diantaranya 3 mahasiswa mengikuti KKN Nusantara, 8 mahasiswa mengikuti KKN Melayu Serumpun, 4 mahasiswa mengikuti KKN Kebangsaan, dan 4 lainnya mengikuti KKN Bersama.

Daftar Mahasiswa yang Dinyatakan Lulus Seleksi untuk KKN Nusantara, Kebangsaan, Bersama dan Melayu Serumpun

Perdana dari PIAUD UIN SUSKA Riau, Novia Putri Wulandari, menjadi salah satu delegasi KKN Nasional, tepatnya delegasi KKN Melayu Serumpun Angkatan-III tahun 2022 di Aceh Jaya, Provinsi Aceh, yang mana UIN Ar-Raniry menjadi tuan rumah tahun ini.

Delegasi Mahasiswa Peserta KKN Nusantara, Kebangsaan, Bersama dan Melayu Serumpun UIN SUSKA Riau

Delegasi Mahasiswa Peserta KKN Melayu Serumpun UIN SUSKA Riau

KKN Melayu Serumpun merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara kolaboratif antara PTKIN se-Sumatera dan menghadirkan mahasiswa dari berbagai negara melayu, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Semoga ini menjadi langkah awal dan harapannya akan ada regenerasi selanjutnya untuk mahasiswa PIAUD ikut membesarkan nama PIAUD UIN SUSKA Riau sampai kanca nasional. (Novia Putri Wulandari/Titin Latifah)

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

NOVIA PUTRI WULANDARI, KETUA HM-PS PIAUD 2022 LULUS MENGIKUTI KKN MELAYU SERUMPUN DI ACEH

Tahniah wa innalilllah Ananda Novia Putri Wulandari, mahasiswi semester 6 Pendidikan Islam Anak Usia Dini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
4 + 12 =