AKSI KEMANUSIAN UNTUK BANJIR BANDANG DI PADANG LAWAS

Pada hari Jum’at, 31 Desember 2021 terjadinya Bencana Alam yaitu banjir bandang di Padang Lawas, Sumatera Utara. Terdapat 15 Desa yang mengalami dampak Bencana Alam tersebut, tidak ada korban jiwa pada Bencana ini. Akan Tetapi banyak Rumah Warga, Sekolah, Masjid, sarana lainnya yang hancur bahkan ada beberapa Rumah yang hanyut. Oleh Sebab itu kami dari Beberapa Lembaga melaksanakan Aksi Kemanusiaan.

 

Aksi kemanusiaan peduli bencana alam Batang Lubu Sutam, Kabupaten Padang Lawas yang digalang oleh organisasi mahasiswa, Adapun bantuan yang disalurkan berasal dari penggalan dana dan Open Donasi Online dimulai tanggal 7-9 Januari 2022 di beberapa titik Lampu merah Pekanbaru yang dilaksanakan langsung oleh Kopri PC Pekanbaru, HMJ PIAUD UIN Suska Riau, IMK-F Pertanian UIR dan PR PMII FTK UIN Suska Riau.telah menyalurkan bantuan secara langsung untuk korban yang terkena dampak banjir pada Kamis, 13 Januari 2022

 

Seluruh bantuan terdiri dari 20 Paket sembako, bantuan diserahkan  di 2 titik lokasi bencana yaitu  di desa Tanjung barani dengan bantuan sebanyak 15 paket sembako dan desa Tamiang sebanyak 5 paket sembako. Paket sembako tersebut berupa 10 kg beras, 1 kg minyak makan, 1 papan telur, dan 3 kaleng sarden.

 

Ketua KOPRI Pekanbaru mengatakan bahwa “saya selaku Warga Negara Indonesia turut berduka terhadap apa yang saya lihat hari ini, Warga yang terdampak banjir bandang ini sangat memprihatinkan mereka membutuhkan bantuan kita, banyak dari mereka yang rumahnya rusak, hancur dan bahkan hanyut, semoga Warga yang terdampak Tetap bersabar dan lapang dada terhadap apa yang telah terjadi, Karena sesungguhnya allah akan memberikan Kembali yang terbaik untuk mereka.

 

Ketua HMPS PIAUD, Novia Putri Wulandari yang menyaksikan langsung keadaan pasca banjir bandang di Batang Lubu Sutam “Kegiatan ini adalah kegiatan perdana saya turun ke lapangan untuk melihat langsung keadaan pasca bencana banjir bandang yang terjadi di Padang Lawas. Saya Ucapkan terima kasih kepada lembaga yang sudah berkolaborasi  dengan kami HMPS PIAUD UIN Suska dengan beberapa lembaga (KOPRI Kota Pekanbaru, PMII, dan IMK Fakultas Pertanian UIR) . Saya juga mengucapkan bela sungkawa terhadap musibah yang terjadi di Kec. Padang Lawas. Harapan saya apa yang kami berikan ini dapat membantu masyarakat yang terdampak dan dengan kegiatan kolaborasi ini dapat mempererat silaturahmi kami dari HMPS PIAUD UIN Suska dengan beberapa lembaga”.

 

Ungkapan belasungkawa juga disampaikan oleh Tobing selaku ketua IMK F-Pertanian UIR. “Saya pribadi mengucapkan turut berduka atas kejadian yang menimpa saudara kita di padang lawas, terutama di lubu sutam. Semoga bantuan dari saudara saudara kita semua. Dapat membantu saudara saudara kita di lubu sutam.”

 

Drs. H. Hilal Nasution S. Pd M.M.Pd (Sekretaris Camat Batang Lubu Sutam). “Kami dari Pemerintah Kecamatan Batang Lubu Sutam mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada anak anak kami dari Organisasi Mahasiswa Kota Pekanbaru yang telah berkenan meluangkan waktu untuk  datang melihat langsung musibah yang menimpa Desa Tamiang dan Tanjung Barani sekaligus menyerahkan bantuan lansung kemasyarakat semoga bermanfaat dan kepada adek adek kami semoga ini menjadi amal soleh dan Semoga Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa memberikan ganjaran yang setimpal, Aamiin”

Selaku Warga Tandolan sekaligus Ketua PMII Rayon Tarbiyah dan Keguruan yakni Abdul Rozaq Nasution. Beliau mengucapkan “Saya sangat senang dan terharu kepada seluruh sahabat/i yang telah menyempatkan turun langsung ke lokasi kejadian untuk mengantarkan langsung Donasi yang telah terkumpulkan, saya pribadi yang dari awal hingga akhir berada di lokasi kejadian, mengucapkan ribuan Terimakasih atas partisipasi sahabat/i , kami tidak dapat membalas dengan materi hanya doa dan harapan bisa kami berikan semoga yang datang hadir diperlancar segala urusan dan di berikan kesuksesan oleh yang maha kuasa”

 

Kami segenap organisasi mahasiswa mnengucapkan belasungkawa kepada Warga yang terdampak banjir bandang ini, semoga apa yang kami berikan dapat meringankan beban saudara-saudara Warga Padang lawas, Sumatera Utara.

Penulis: Novia Putri Wulandari

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

MERIAHKAN HAB KEMENAG KE 77, MAHASISWA PIAUD UIN SUSKA PAMERKAN POSTER ILMIAH

Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-77 dengan tema “Kerukunan Umat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
30 ⁄ 15 =