PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK (PBAK) TAHAP 1 PRODI PIAUD FTK UIN SUSKA RIAU: KAJUR dan SEKJUR UCAPKAN “TERIMA KASIH TELAH MEMILIH PIAUD DAN SELAMAT DATANG DI KELUARGA BESAR PIAUD UIN SUSKA RIAU”

Rangkaian kegiatan PBAK Tahap 1 UIN Suska Riau dimulai  3 September 2020 Kamis, Pukul 14.00-15.30, dengan berlangsung Rapat PBAK yang ditaja oleh bidang Kemahasiswaan Rektorat dan PTIPD UIN Suska RIAU. Kata pengantar di sampaikan oleh pak Sarmadi. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan PBAK Universitas akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 8 – 9 September tahun 2020. Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahap I secara daring menggunakan aplikasi zoom cloud meeting, google meet dan live streaming Youtube. Operator teknis dari prodi  PIAUD UIN Suska Riau diwakili oleh Nurkamelia Mukhtar, AH., M.Pd.

Dr. Benny Sukma Negara, S.T., M.T selaku Ketua PTIPD menyampaikan beberapa pesan terkait persiapan PBAK
Peserta Rapat PBAK Universitas dihadiri oleh seluruh TIM Operational PBAK Tahap 1 dari masing-masing Fakultas dan Jurusan.

Hari pertama tanggal 8 Kegiatan di laksanakan di Tingkat Universitas selama 1 hari full mulai pukul 07.00-18.15. Pada hari ini akan di hadiri secara Virtual melalui Zoom Meeting oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. PBAK Virtual dilaksanakan melalui zoom meeting yang di pandu langsung oleh TIM PTIPD. Dengan kapasitas mahasiswa 500  mahasiswa. Di luar dari itu akan berada pada jalur meeting google meet dan youtube. Keseluruhan Jumlah mahassiwa adalah akumulasi dari 8 fakultas dan 43 Jurusan.

Hari Kedua pada tanggal 9 September 2020 kegiatan PBAK Tahap 1 berlangsung di Tingkat Fakultas dan akan diselenggarakan oleh masing-masing Tim Fakultas dari 9 Fakultas yang ada di UIN SUSKA Riau.   PBAK Tahap 1 Virtual pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berlangsung melalui Google Meeting. Sesi ke 2 PBAK berlangsung pada pukul 07.00-12.00. Narasumber pada sesi ini adalah dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Kegiatan berlangsung dengan khidmat, dan mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari para mahasiswa baru. Bahkan, beberapa diantara mahasiswa baru, memiliki pemikiran-pemikiran yang kritis terhadap model pembelajaran secara daring di era New Normal saat ini.

WD 1 (Dr. Alimuddin, M.Ag.), WD II (Dr. Hj. Rohani, M.Pd) dan WD III (Dr. Nursalim, M.Pd.) memberikan arahan dan sambutan kepada mahasiswa baru pada kegiatan PBAK Tahap 1 tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Kegiatan PBAK Tahap 1 Tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau disambut oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (Dr. H. Muhammad Syaifudin, S.Ag., M.Ag) secara Virtual.

Pada sesi ke 3 PBAK Tahap 1 berlangsung di Tingkat Jurusan masing-masing. Pada sesi ini di Tingkat Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Tim operator terlebih dahulu mempersiapkan Link Google Meet yang harus disampaikan kepada pihak kemahasiswaan. Kegiatan PBAK Tahap 1 tingkat Jurusani menghadirkan narasumber langsung dari Ketua Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yaitu Dr. Hj. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag. dengan didampingi oleh Sekretaris Jurusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Bunda Fatimah Depi Susanti, S.Pd.I., M.A. sebagai pendamping narasumber. Kegiatan akan dilaksanakan dari pukul 13.00-14.30 secara virtual conference. Dipandu langsung oleh Operator Teknis Prodi PIAUD Nurkamelia Mukhtar AH, M.Pd. Terkait hal yang perlu dipersiapkan adalah : Link google meeting dan Link absensi narasumber dan Link peserta mahasiswa PBAK Prodi PIAUD khususnya, serta materi dari narasumber dengan tema : “Pengenalan Budaya Akademik Prodi PIAUD FTK UIN Suska Riau Th. Ajaran 2020”

Kajur/Narasumber PBAK Tahap 1 Dr. Nurhasanah Bakhtiar, S.Ag., M.Ag. memberikan Materi PBAK
Sekjur/ Pendamping Narasumber PBAK Tahap 1 Fatima Depi Susanti, H. S.Pd.I., M.A. memberikan Materi PBAK.

Pada penyampaian materinya, bu kajur selaku narasumber mengucapkan selamat datang dan bergabung di Prodi PIAUD FTK UIN Suska Riau, tidak lupa mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa, mereka dituntun untuk menjadi mahasiswa PIAUD  dan berharap kedepannya bisa menjadi mahasiswa teladan dan bangga dengan jurusan PIAUD yang kelak akan membentuk karakter anak bangsa. Tidak lupa moderator pun turut memberikan arahan dalam close statementnya di akhir kegiatan pengenalan budaya, untuk selalu disiplin dalam mengerjakan tugas perkuliahan dan memberikan beberapa tips agar bisa lulus tepat waktu.

 

 

Foto bersama mahasiswa baru secara virtual pada Kegiatan PBAK Tahap 1 Prodi PIAUD

Video Kegiatan: https://www.youtube.com/watch?v=V89pQlvc1fw

Editor : Nurkamelia M.AH

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Pembukaan Rakerwil IKMAPISI DPW I Sumatera “Optimalisasi Sinergitas Menuju DPW I Berintegritas”, Ini Harapan Wakil Ketua

Jambi, Senin (08/08), IKMAPISI DPW I Sumatera menggelar Rapat Kerja Wilayah III Dewan Pimpinan Wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solve : *
10 ⁄ 5 =