WORKSHOP PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS STEAM

Pada tanggal 09 Oktober 2024 Prodi PIAUD UIN Suska Riau mengadakan Kuliah Dosen Tamu Mengenai Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau lantai 3 Ruangan Aula. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa dan Mahasiswi semester 5 PIAUD UIN Suska Riau. Acara ini langsung mendatangkan pemateri yang ahli pada bidangnya, yaitu Prof. Dr. Rita Kurnia, M.Ed yang merupakan guru besar PIAUD di Universitas Riau.

Dalam acara ini, Prof. Rita tidak hanya sekedar menyampaikan materi mengenai pengembangan alat permainan edukatif berbasis STEAM, namun juga secara langsung mengajak peserta untuk praktik secara langsung yang juga dibimbing oleh beliau dalam hal bagaimana pembuatan APE yang kreatif, inovatif dan tentunya menarik yang basisnya STEAM. Sehingga dengan hal itu, APE tersebut tidak hanya pada satu aspek perkembangan saja, tetapi dapat digunakan dalam menstimulus segala aspek perkembangan pada anak usia dini. Prof. Rita yang sudah mempersiapkan bahan dan alat dalam pembuatan APE berbasis STEAM dengan bahan bekas dan juga berasal dari alam, membuat acara kuliah dosen tamu ini makin menarik sehingga peserta dapat lebih berinovasi lagi dan mengembangkan APE berbasis STEAM menggunakan bahan bekas dan bahan alam yang ada.

Dengan hal ini, Ibunda Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag selaku Kepala Jurusan (Kajur) Prodi PIAUD yang secara langsung mendatangkan pemateri yang profesional dalam bidangnya dengan harapan mahasiswa/mahasiswi PIAUD dapat mengembangkan APE berbasis STEAM yang unik dan inovatif tentunya.

“Harapan saya sebagai ketua Prodi PIAUD dengan pelaksanaan workshop ini, diharapkan mahasiswa mampu menjadi guru yang profesional dan kreatif mendesain APE dalam pembelajaran. Perkembangan teknologi mengharuskan mahasiswa mengembangkan APE agar selalu update dan menarik.,” jelas Ibunda Nurhasanah via WhatsApp (21/10/2024).

About nurkamelia@uin-suska.ac.id

Check Also

Mahasiswa PIAUD 2024 Meriahkan HUT RI ke-79 dengan Berbagai Lomba di Lapangan Buluh Cina

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79, anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *