Persiapkan Diri Sambut Semester Baru, PIAUD Adakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Bidang Keilmuan

Selasa, 20 Agustus di Lantai 2 FTK UIN Suska Riau, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal Bidang Keilmuan khusus Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen tetap dan dosen tidak tetap serta beberapa mahasiswa di PIAUD. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Jurusan PIAUD, Bunda Dr. Nurhasanah Bahktiar, M.Ag. Dalam sambutannya, Bunda Dr. Nurhasanah Bahktiar, M.Ag menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini terutama bagi para dosen karena salah satu tugas dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melakukan penelitian yang mana outputnya adalah karya tulis ilmiah yang dipublikasikan.

Selanjutnya, sambutan hangat juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Ayahanda Dr. H. Kadar, M.Ag., yang juga memberikan apresiasi dan motivasi kepada para dosen dan mahasiswa yang hadir atas terselenggaranya acara ini. Ayahanda Dr. H. Kadar, M.Ag mengatakan bahwa capaian ini perlu terus digalakkan agar para dosen bisa menghasilkan artikel berkualitas yang terpublikasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, Ayahanda Moh. Fauziddin, M.Pd, dosen Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Beliau memulai paparannya dengan menyampaikan urgensi penulisan karya ilmiah, yang diantaranya: kontribusi terhadap pengetahuan, pengembangan keterampilan, peningkatan kualitas akademik, pemecahan masalah, pengembangan kebijakan, sumber pembelajaran dan pengembangan bagi peserta didik.

Dalam paparannya, narasumber menyampaikan bahwa urutan menulis karya ilmiah dimulai dari menyusun metode, memaparkan hasil penelitian dan pembahasan, menarik kesimpulan, menyusun pendahuluan, daftar pustaka dan menentukan judul serta abstrak. Pada masing-masing bagian, narasumber menjelaskan secara detail maksud dan bagaimana menyusunnya, disertai dengan contoh relevan, juga bagaimana strategi memperoleh referensi. Banyak sekali ilmu bermanfaat yang dapat diambil sehingga mengundang antusias dari partisipan untuk bertanya.

Kegiatan selanjutnya, penyampaian materi Workshop oleh Bunda Heldanita, M.Pd, salah satu dosen PIAUD UIN Suska Riau sekaligus menjabat sebagai Editor in Chief pada Jurnal Kindergarten. Dalam paparannya, Bunda Heldanita, M.Pd menyampaikan kaidah artikel ilmiah serta cara-cara mencari rujukan untuk penulisan artikel ilmiah. Walaupun disampaikan secara daring, namun tidak mengurangi antusias partisipan untuk menyimak paparan yang disajikan oleh Bunda Heldanita, M.Pd.

Kegiatan workshop ini ditutup dengan penugasan berupa menyusun draft artikel kepada seluruh partisipan yang hadir. Harapannya, dari kegiatan workshop ini para dosen dan mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dalam menyusun artikel ilmiah, membangun budaya riset yang kuat di kalangan dosen dan mahasiswa, di mana menulis dan menerbitkan karya ilmiah menjadi bagian integral dari kehidupan akademik, sehingga diharapkan akan menghasilkan peningkatan dalam jumlah dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa.

About titin latifah

Check Also

Penyerahan Mahasiswa PPL dan KKN ke Kampus Yala Rajhabat University

PPL/KKN INTERNASIONAL UIN SUSKA RIAU TAHUN 2024 DI THAILAND SELATAN

    Kegiatan PPL/KKN Internatioanl yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *