Mengenal Hypnoteaching Bersama Ketua Umum PPIAUD Indonesia

Selasa pagi, 4 Juni 2024, Prodi PIAUD UIN Suska Riau kedatangan dosen tamu luar biasa. Beliau adalah dosen IAIN Pontianak yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum PPIAUD Indonesia, Dr. Nur Hamzah, M.Pd. Dalam kunjungannya ke UIN Suska Riau, beliau menyempatkan diri untuk berbagi ilmu pengetahuan mengenai topik yang menarik, yakni Hypnoteaching.

Kuliah yang berlangsung di Aula Lantai 2 FTK UIN Suska Riau ini dihadiri oleh lebih dari 40 mahasiswa serta sejumlah dosen. Acara ini dibuka oleh sambutan dari Kaprodi PIAUD, Bunda Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., yang juga didampingi oleh Sekretaris Prodi sekaligus menjabat Sekretaris PPIAUD Indonesia, Bunda Nurkamelia Mukhtar, M.Pd. Bapak Dr. Nur Hamzah, M.Pd membuka sesi dengan pengenalan konsep dasar hypnoteaching, sebuah teknik mengajar yang memanfaatkan prinsip-prinsip hipnosis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Menurut Pak Dr. Nur Hamzah, M.Pd, Hypnoteaching adalah pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan teknik “hipnotis” untuk menciptakan suasana belajar yang “menyenangkan dan efektif” bagi anak-anak. Metode ini dapat membantu anak-anak terlibat aktif dan “termotivasi” dalam kegiatan belajar melalui “komunikasi positif”.

Bagian paling menarik dari kuliah ini adalah sesi demonstrasi. Pak Dr. Nur Hamzah, M.Pd mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam simulasi kelas menggunakan teknik hypnoteaching. Para peserta diajak melakukan latihan pernapasan, visualisasi, dan mendengarkan sugesti positif yang diberikan oleh Pak Dr. Nur Hamzah, M.Pd. Suasana aula berubah menjadi lebih tenang dan penuh konsentrasi, memberikan gambaran nyata tentang efektivitas metode ini. Kemudian, para mahasiswa diminta menulis surat untuk orang tuanya.

Setelah demonstrasi, mahasiswa diberi kesempatan untuk membacakan tulisannya. Banyak yang tertarik mengetahui lebih lanjut tentang cara menerapkan hypnoteaching dalam berbagai mata pelajaran dan tingkatan pendidikan.

Kuliah dosen tamu ini ditutup dengan pesan inspiratif dari Pak Dr. Nur Hamzah, M.Pd, yang mendorong para mahasiswa untuk terus mengembangkan keterampilan mengajar mereka dan terbuka terhadap metode-metode inovatif, seperti hypnoteaching. Beliau berharap bahwa dengan menerapkan teknik ini, para pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi anak-anak usia dini. Acara ini diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat penghargaan kepada Pak Dr. Nur Hamzah, M.Pd sebagai bentuk apresiasi.

About titin latifah

Check Also

PIAUD Ikut Andil!!! Penandatangangan MoA dan PKS dengan DInas Sosial Kota Pekanbaru

Pada tanggal 10 Agustus 2024 tepatnya di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim    Riau    …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *