PIAUD UIN SUSKA Riau dan PIAUD IAI Diniyyah Pekanbaru Mengikuti Workshop Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran

Senin (06/02/2023), Dosen PIAUD UIN SUSKA Riau dan dosen PIAUD IAI Diniyyah Pekanbaru mengikuti kegiatan Workshop Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau di Aula lantai 3 Gedung FTK yang diketuai oleh Dr. Zuhairansyah Arifin, M.A. dan sekretaris Nurkamelia Mukhtar AH., S.Pd.I., M.Pd. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari jam 08.00-15.30 WIB dengan Narasumber Prof. Amril M, MA., Dr. H. Kadar, M.Ag., dan Dr. Zarkasih, M.Ag.

Di sesi pertama yang memimpin jalannya diskusi yaitu Dr. Ismail Mulia, M.Pd., dengan narasumber Prof. Amril M, MA., yang menjelaskan bahwa karakteristik Integrasi Islam dan Sains di Dunia Islam Abad 21 yakni pertama, Islam dan Sains di dunia Muslim bergerak ke arah yang lebih pragmatis dan aplikatif terutama mengupayakan research science sesuai dengan kebutuhan  dunia  muslim. Kedua, mereformasi Perguruan Tinggi  dan  menprioritaskan sains dan teknologi yang menekankan toleransi dan pemahaman Islam yang moderat. Ketiga, mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan:  creativity and innovation, and research and development.Dilanjutkan pada sesi kedua dimoderatori oleh Nurhayati, S.Pd.I, M.Pd., dengan narasumber Dr. H. Kadar, M.Ag.,  dan Dr. Zarkasih, M.Ag., memaparkan bahwa Integrasi pemikiran sains dan Islam dikonstruksi melalui pemahaman dan penghayatan ilmu dalam perspektif Islam, baik ontology, epistemologi, maupun asksiologi. Dilanjutkan pula bahwa bentuk-bentuk integrasinya yaitu  menambah mata kuliah keislaman pada prodi-prodi sains eksak dan sosia, pendekatan Islami dalam pembelajaran sains, penyajian materi dengan menggunakan simbol-simbol Islam, serta oerpaduan materi ajar dengan keimanan atau syariah.

Pada kegiatan tersebut turut hadir dosen-dosen PIAUD UIN SUSKA Riau yaitu Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag., Dr. Zuhairansyah Arifin, M.A., Nurkamelia Mukhtar AH., S.Pd.I., M.Pd., Hj. Dewi Sri Suryanti, M.S.I., dan Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd. Dosen PIAUD IAI Diniyyah yang diwakili oleh Ruliana Fajriati, M.Pd. dan Utia Virli Susanti, M.Pd. merasa sangat senang bisa mengikuti kegiatan yang sangat luar biasa ini. Mereka berharap ilmu yang diperolah pada kegiatan Workshop Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran dapat diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran di PIAUD IAI Diniyyah Pekanbaru.

Penulis : Ruliana Fajriati/Utia Virli Susanti

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

Pendaftaran KKN 2023 Telah Dibuka

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. LPPM UIN Suska Riau membuka pendaftaran KKN 2023. Simak informasinya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solve : *
17 + 12 =