Kajur PIAUD  ditugaskan sebagai Penyelia UP UKMPPG Batch 3 Ke UIN Yogyakarta

Pada tanggal 27-28 Januari 2023, Ketua Prodi PIAUD UIN Suska Riau, Dr. Nurhasanah Bakhtiar, M.Ag ditugaskan sebagai peyelia Ujian Pengetahuan  Ujian Kompetensi Mahasiswa Pengembangan Profesi Guru (UP-UKMPPG). Bersama dengan Hj. Choirun Niswah, M.Ag., dosen UIN Raden Fatah Palembang, ditugaskan oleh panitia nasional menyelia ke UIN Sunan Kalijaga. Peserta UP di LPTK UIN Sunan Kalijaga Yokyakarta diikuti oleh   1759    peserta.

Kegitan UP didahului denan briefing,  hari Jumat, tanggal 27 Januari 2023  dimulai pukul 12.30-17.30 WIB., satu hari sebelum pelaksanaan ujian pengetahuan. Briefing dilaksanakan di ruang Meeting Ruang Malioboro Hotel New Shapir  Yogyakarta. Briefing diikuti oleh seluruh pengawas yang berjumlah 89 orang, panitia lokal berjumlah 9 orang, koordinator pengawas 5 orang, dan 2 orang penyelia.(absen terlampir). Jadi total peserta yang hadir adalah 105 orang. Pengarahan penyelia kepada para peserta briefing seputar prosedur tugas dan kewajiban serta tatatertib yang harus diikuti para pengawas saat pelaksanaan UP, kesiapan pelaksanaan UP oleh panitia lokal. Pengarahan disampaikan oleh ketiga orang penyelia secara bergantian.

Briefing UP UKMPPG Periode 3 dihadiri oleh Wakil Dekan I Prof. Dr. Abdul Munip, M. Ag, Wakil Dekan 2 Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag,  Namun wakil Dekan 3 dan Wakil Dekan 3 Dr. Imam Machali, M. Pd berhalangan hadir  Serta Dekan minta izin mengawal tim dari Kemenag  serta Ketua Program Studi PPG Dr. H. Suwadi, M. Ag., M. Pd. dan Sekretaris Prodi PPG Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M. Pd.I, Kabag TU FITK Hj. Ratna Eryani, S.Ag. panitia lokal yang terdiri dari Koordinator UP dan Koordinator IT serta Petugas Admin. Serta pengawas . Acara diawali dengan sambutan Ketua Program Studi PPG sekaligus membuka acara. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Wakil Dekan I  FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sambutan Ketua Prodi PPG LPTK UIN Yogyakarta

Foto Bersama Peserta Briefing Panitia Lokal dan Pengawas UP

Pelaksanaan UP UKMPPG batch 3 di UIN Sunan Kalijaga Yokyakarta berjalan dengan aman, lancar dan terkendali. Pengawas yang sudah ditugaskan oleh LPTK hadir dan menjalankan tugas mereka sesuai panduan dan prosedur UP. Semua peserta UP juga dapat mengikuti proses ujian dengan baik sesuai waktu yang ditetapkan. 1 pengawas mengawasi 20 orang peserta UP. Jarak antara satu pengawas dengan pengawas lainnya dengan jarak minimal 5 meter atau berada di ruang berbeda, sehingga yang cukup untuk tidak saling terganggu. Suasana ruang kepengawasan UP sangat nyaman dan tenang,  sejuk dan hening. Hal tidak ada suara bising di sekitar gedung pelaksanaan UP.

Pelaksanaan UP berjalan kondusif karena setiap pengawas melaksanakan tugas sesuai prosedur dan ketentuan tim Panitia Nasional yang mereka dapatkan dari briefing dengan tim Panitia Nasional pada tanggal  26 Januari 2023 (dua hari sebelum pelaksanaan UP), dan pengarahan dengan para penyelia pada tanggal 27 Januari 2023 satu hari sebelum pelaksanaan UP).

Pelaksanaan UP berjalan dengan tertib dimana setiap pengawas melaksanakan tugas kepengawasannya dengan maksimal dan ketat sehingga peserta yang melakukan kecurangan selama mengerjakan soal UP dapat diminimalisir. Sebagai contoh, ada salah satu peserta yang tertangkap kamera mulai meminta bantuan dari orang lain ketika mengerjakan soal UP, pengawas segera melapor kepada panitia melalui grup WA dengan mengirimkan bukti foto pelanggaran tersebut tanpa meninggalkan ruang kepengawasan. Panitia dengan sigap segera berkoordinasi dengan tim penyelia, penyelia mendatangi ruang pengawas tersebut dan bersama-sama dengan pengawas meminta peserta tersebut untuk pindah ruangan lain untuk meanjutkan mengerjakan soal UP, dan memberi peringatan kepada peserta untuk tidak mengulangi perbuatan kecurangannya. Akhirnya peserta tersebut dapat selesai mengerjakan soal UP secara keseluruhan dengan jujur.

UP Sessi-1 dimulai tepat waktu (pukul 08.30 dan berakhir pukul 11.30 Wib). Kegiatan pengawasan  diawali dengan seluruh pengawas mengikuti mengikuti briefing final oleh panitia lokal dan tim IT yang dilaksanakan pada pukul 7.00 – 8.00 Wib). Pengawas dan semua peserta sudah berada di ruang zoom pada pukul 8.00 Wib untuk proses verifikasi peserta yaitu pengecekan identitas dan juga pemeriksaan ruang tempat peserta melaksanakan UP. Begitu juga halnya dengan pelaksanaan UP pada sessi II dilaksanakan tepat waktu pada pukul 13.00 Wib dan akan berakhir pukul 16.00 Wib. Kegiatan pengawasan  diawali dengan seluruh pengawas mengikuti mengikuti briefing final oleh panitia lokal dan tim IT yang dilaksanakan pada pukul 11.30 – 12.30 Wib).

Tahapan-tahapan pelaksanaan pengawasan UP dilaksanakan sbb:

  • Pengawas melakukan verifikasi identitas dan kesiapan peserta
  • Memastikan setiap peserta login ke aplikasi SEB
  • Pengawas membagikan token sesuai aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh Panitia Pusat, dengan memberikan penjelasan pelaksanaannya sama seperti pada saat uji coba
  • Pengawas mengingatkan dengan seksama tata tertib pelaksanaan UP dan berkas apa saja yang harus dipersiapkan oleh peserta sebelum ujian dimulai sehingga berkas peserta semuanya lengkap dan tidak ada peserta yang identitasnya tidak sesuai.

Kesemuanya ini tentu sudah dilakukan lebih awal oleh para pengawas dengan cara berkomunikasi dan berinteraksi yang sangat intensif antara pengawas dan para peserta di grup WA masing-masing mengenai berkas yang harus mereka persiapkan, baik kesesuaiannya maupun formatnya.

  • Pengawas memberi kesempatan kepada peserta unyuk bertanya tentang tata tertib peaksanaan UP dan sangsi jika mereka melanggar tata tertib tersebut.
  • Setelah peserta selesai mengerjakan soal UP, pengawas mengingatkan peserta dan membagikan link kuesioner untuk diisi peserta melalui grup WA sehingga dapat dipastikan semua peserta mengisi kuesioner sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan UP yang lebih baik di masa yang akan datang.

Panitia  UP LPTK UIN Sunan Kalijaga bersama penyelia dan Tim Panas

Penyelia bersama tim Panas memantau saat UP

Gambar 11. Penyelia memantau salah satu ruang UP

Penyelia bersama salah seorang pengawas saat UP berlangsung

Permasalahan dan kendala yang dialami selama UP UKM PPG di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan masalah klasik dan alamiah berupa:

  1. Kendala pemadaman listrik baik dengan rencana maupun tiba-tiba.
  2. Koneksi jaringan internat peserta ada yang buruk sehingga berdampak pada terganggunya proses pelaksanaan UP selama beberapa saat.
  3. Cuaca buruk dan hujan lebat di tempat peserta UP berdampak pada terputusnya jaringan internet.
  4. Kelemahan peserta dalam menggunakan aplikasi SEB berdampak pada pengulangan informasi dan petunjuk dari pengawas.
  5. Ada peserta yang perangkat aplikasinya mengalami error dan kehabisan kuota internet sehingga berdampak pada pelaksanaan ujian yang melebihi waktu yang ditentukan.

 

Setelah berakhir sesi kedua UP UKMPPG Bacth 3 di UIN Sunan Kalijaga Yokyakarta, penyelia bersama panitia lokal , koordinator UP dan para pengawas melakukan wrap up, tepatnya di pukul 17.35 WIB- 18.15 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan evaluasi pelaksanaan UP bacth 3 dan perbaikan untuk masa mendatang. Evaluasi yang disampaikan oleh penyelia berdasarkan hasil monitoring di lapangan. Pada dasarnya secara keseluruhan pelaksanaan UP UKMPPG di  UIN Sunan Kalijaga Yokyakarta sudah berjalan lancar dengan kerjasama yang baik antara berbagai pihak. Namun, adanya kendala seperti lampu mati, jaringan internet yang kurang masih ditemui walaupun dapat diatasi, sehingga tidak mengahambat penyelesaian uUP oleh peserta. Demikian juga adanya perangkat laptop peserta yang bermasalah dengan install SEB, padahal saat uji coba sudah terpasang dengan baik. Demikian juga masih ada “pengawas baru” belum mensetting  swict camera (camera belakang) sebelum dimulai UP, padahal panitia dan koordinator UP sudah berulang kali mengingatkan hal tersebut.

Peserta Wrap UP UPUKMPPG UIN Yogyakarta

Penyelia dan Panita Lokal UP UKMPPG UIN Yogyakarta

Foto Bersama Pengawas dan Panitia Lokal serta Penyelia

Secara umum pelaksanaan UP UKMPPG di LPTK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdasarkan pengamatan selama UP berlangsung pada tanggal 28 Januari 2023 berdasarkan hasil pemantauan pelaksanaan pelaksanaan UP UKMPPG di LPTK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berjalan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari semua unsur panitia, baik pelayanan, kesigapan dalam menghadapi dan mengatasi persoalan yang timbul selama proses UP berlangsung. Adanya masalah alamiah seperti cuaca buruk dan malasah klasik seperti pemadaman listrik, jaringan internet serta kendala perangkat yang digunakan peserta tidak mengakibatkan terhambat dalam penyelesaian UP dan Alhamdulillah segera dapat dicari solusinya.

By: Nurhasanah

About adminpiaud

Dosen PIAUD FTK UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Check Also

PIAUD UIN Suska Riau SALING BERBAGI KARYA

  (Malaysia, 13 September 2023), Sebelum keberangkatan tim ke Malaysia, delegasi PIAUD yaitu Bunda Dr. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *